- UNCLOSUnited Nations Convention on the Law of the Sea UNCLOS
- KOMPAS MAGNET DAN GYRO COMPASSBAB 1 DASAR HUKUM DAN PENGERTIAN PEDOMAN SECARA UMUM
- Pengembangan DINAS JAGAKemampuan Perwira Jaga
- Materi ORUMateri PERJANJIAN INTERNASIONAL
- MARITIME ENGLISHSMCP STANDARD MARINE COMMUNICATION PHRASE For Tug Assistance
TUGAS HARIAN METEOROLOGI SMT.8-ANT.2.EDISI-3 (CH-4)
01. Local wind is caused by differences in :
a. Temperature
b. Density
c. Pressure
d. Humidity
Jawab A. Temperature
02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between :
a. and 03.00 Local Time.
b. 12.00 and 14.00 Local Time
c. 05.00 and 07.00 Local Time
d. 17.00 and 19.00 Local Time
Jawab B 12.00 and 14.00 Local Time
03. The surface wind at Tanjung – Priok at 12:00 Local Time is the wind at
a. 7 meters above the ground
b. 13 meters above the ground
c. 10 meters above the ground
d. Between 7 meters and 13 meters
Jawab 10 meters above the ground
04. Vertical current over island during summer afternoon will be :
a. Updraft
b. Downdraft
c. Updraft and Downdraf
d. Neutral
Jawab A. Updraft
05. The wind that flows down mountain slopes at night due to cooling is called :
a. Anabatic wind
b. Katabatic wind
c. Gusty wind
d. Land breeze
Jawab B. Katabatic wind
06. The wind that flows up mountain slopes by day due to heating is called:
a. Anabatic wind
b. Katabatic wind
c. Gusty wind
d. Land breeze
Jawab A. Anabatic wind
07. Downslope winds are usually :
a. Stronger than upslope winds due to the force of pressure
b. Stronger than upslope winds due to the force of gravity
c. Weaker than upslope winds due to the force of pressure
d. Weaker than upslope winds due to the force of gravity
Jawab B. Stronger than upslope winds due to the force of gravity
08. Speed of sea breeze between :
a. 3 knots and 5 knots
b. 7.8 knots and 19.6 knots
c. 3 knots and 7 knots
d. 5.8 knots and 13.5 knots
Jawab B. 7.8 knots and 19.6 knots
09. Speed of land breeze between :
a. 3 knots and 5 knots
b. 7.8 knots and 19.6 knots
c. 3 knots and 7 knots
d. 5.8 knots and 13.5 knots
Jawab D. 5.8 knots and 13.5 knots
10. Speed of sea breeze between :
a. 3 knots and 5 knots
b. 7.8 knots and 19.6 knots 0
c. 3 knots and 7 knots
d. 5.8 knots and 13.5 knots
Jawab. 7.8 knots and 19.6 knots
11. A line drawn on a chart joining places having the same wind direction at the same level and at the same time is:
A. An isobar
b. an isotherm
c. an isogone
d. an isovel / isotach
TUGAS
B. essay
1. Jelaskan apa yang menyebabkan sea breeze lebih kencang dari pada land breeze !
Jawab 1.
Perbedaan temperature di siang hari lebih besar dari malam hari sehingga mengakibatkan sea breeze di siang hari lebih besar di banding land breeze pada malam ahari.
2. Jelaskan apa yang menyebabkan katabatic wind lebih kencang dari pada anabatic wind !
Jawab 2.
Udara yang lebih dingin di dekat tanah yang meluncur menuruni lereng di bawah aksi gravitasi yang benar-benar mengalir ke dasar lereng disebut Katabatic Breeze jelasnya udara mengalir searah dengan gravitasi bumi sehingga Katabatik lebih kuat dari anabatik
3. Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan !
Jawab 3.
Faktor yang mempengaruhi terbentuknya angin katabatik antara lain:
- Tingkat pendinginan yang terjadi di sepanjang lereng. Semakin dingin permukaan lereng maka potensi untuk terbentuknya angin semakin besar.
- Kekasaran lereng juga mempengaruhi terbentuknya angin katabatik sebab semakin halus suatu lereng, maka potensi terbentuknya angin semakin besar dan kuat sebab tidak ada yang menghalanginya..
- Tingkat kecuraman lereng menjadi pengaruh terbentuknya angin katabatik. Semakin curam suatu lereng, maka semakin besar pula kemungkinan terbentuknya angin gunung dan bercampur dengan udara netral yang berada di sekitarnya.
4. Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar.
a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind
Jawab 4 a.
Angin ke arah Barat dengan kecepatan 19.6 knot atau 10 m/sec
b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami.
Jawab 4 b.
H = ( 70 % ) 0,0212 V² = ( 70% ) 0,0212 (10)²
H = 70%(2.12)
H = 1.48 m dengan sea wave dari arah Utara h= 1.5 m
5. Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Cilacap.
a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind
Jawab 5. a.
Arah angin dari Barat ke timur dengan kekuatan 19.6 knot atau 10 m/sec
b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami.
Jawab 5. B.
H = ( 70 % ) 0,0212 V² = ( 70% ) 0,0212 (10)² m
H = 60%(2.12)
H = 1.27 m dengan sea wave dari selatan h= 1,3 m
admin
03 Feb 2024
Rev 05 17.05.20 Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balik Soal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass ANT – II-K P1 G11 22 BP3IP PERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan ) BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan …
admin
03 Feb 2024
Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan ! 2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah …
admin
03 Feb 2024
Tugas Trim dan Stabilitas Pertemuan 10 ANT2K 2022
admin
10 May 2023
PERHITUNGAN FO C1 P/S Max Vol x Vol %/100 = 3759,01 x 90,5/100 = 3759,02 x 0,905 = 3.401,90 BS MUAT = t/m3 x { BS – ( DC X ( Temp – SG } = 0,8843 X { 1 – ( 0,00075 X ( 23 – 15 } = 0,8843 X { …
admin
10 May 2023
Jawab pertanyaan di bawah berdasarkan Surface Weather Chart Analysis (perhatikan) Soal A Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Soal B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya …
admin
10 May 2023
JAWABAN Soal Meteorologi ch. VII. A. 1. Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Jawab : A. 1. PQ Merupakan Garis – Convergency line. Garis konvergensi yaitu pita awan yang tetap tidak bergerak dan dapat menghasilkan hujan dalam jumlah besar di area yang relatif kecil. Hujan adalah jenis cuaca yang memberi kita hujan, …
13 Feb 2024 612 views
CHAPTER III Life-saving appliances and arrangements PART A-GENERAL Regulation 1 Application 1 Unless expressly provided otherwise, this chapter shall apply to ships the keels of which are laid or which are at a similar stage of construction on or after 1 July 1998. 2 For the purpose of this chapter the term a similar …
13 Feb 2024 212 views
SEKSI IIISIKAP KAPAL DALAM PENGLIHATAN TERBATAS ATURAN 19 PERILAKU KAPAL DALAM PENGLIHATAN TERBATAS (a). Aturan ini berlaku bagi kapal-kapal yang tidak saling melihat bilamana sedang berlayar disuatu daerah yang berpenglihatan terbatas atau didekatnya. (b). Setiap kapal harus berjalan dengan kecepatan aman yang disesuaikan dengan keadaan dan suasana penglihatan terbatas yang ada. Kapal tenaga harus …
26 Mar 2023 210 views
SOLAS 1974 CHAPTER XI-2 SPECIAL MEASURES TO ENHANCE MARITIME SECURITY Regulation 1 Definitions 1. For the purpose of this chapter, unless expressly provided otherwise: 1. Bulk carrier means a bulk carrier as defined in regulation IX/1.6. “Bulk carrier means a bulk carrier as defined in regulation IX/1.6. ADFINES NORTH This …
26 Mar 2023 206 views
BAGIAN EPEMBEBASAN – PEMBEBASAN ATURAN 38 P E M B E B A S A N Setiap kapal ( atau kelas kapal-kapal ) dengan ketentuan bahwa kapal itu memenuhi syarat-syarat Peraturan internasional tentang pencegahan tubrukan di laut 1960 yang lunasnya diletakkan sebelum peraturan ini berlaku atau yang pada tanggal itu dalam tahapan pembangunan yang sesuai, …
26 Mar 2023 206 views
SOLAS 1974 CHAPTER XII ADDITIONAL SAFETY MEASURES FOR BULK CARRIERS I. Regulation 1 Definitions For the purpose of this chapter: 1 Bulk carrier means a ship which is intended primarily to carry dry cargo in bulk, including such types as ore carriers and combination carriers. (Kapal Curah berarti kapal yang tujuan …
13 Feb 2024 190 views
Chapter VIII Nuclear Ship Regulation 1 Application This chapterapplies to all nuclear ships except ships of war. Regulation 2 Application of other chapters The regulations contained inthe other chapters of the present Conventionapply to nuclear ships except as modified by this chapter.* Regulation 3 Exemptions A nuclearship shall not, in any circumstances, beexempted …
Comments are not available at the moment.