Home » KOMPAS MAGNET DAN GYRO COMPASS » Soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass

Soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass

admin 03 Feb 2024 18

Rev 05 17.05.20
Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balik
Soal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass
ANT – II-K P1 G11 22 BP3IP
PERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan )
BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal :

01. AGUS AJI PAMBUDI

1. Ketentuan yang mengatur keharusan kapal – kapal dilengkapidengan kompas yaitu ….

a. UNCLOS 1981.
b. STCW 1978 as amended.
c. SOLAS 1974 as amended.
d. COLREG 1972.
JAWAB : C

2. Setiap pengoperasian peralatan diatas kapal harus memilikiSistim dan prosedur yang diatur dalam….

a. SOLAS 1974 as amended.
b. ISM Code.
c. STCW 1978 as amended.
d. COLREG 1972.
JAWAB : B

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.51 tahun 2002 tentang Perkapalan yang ditanda tangani pada tanggal 23 September 2002 Untuk perlengkapan Navigasi diatur pada Bagian kedelapan tentang Perlengkapan Navigasi Kapal pada pasal. 72 mengatur tentang ….

a. Pengawakan kapal.
b. Keselamatan kapal.
c. Kapal harus dilengkapi dengan perlengkapan navigasi dan navigasi elektronika kapal yang memenuhi persyaratan.
d. Kelaik lautan kapal.
JAWAB : C

4. Menurut SOLAS 1974 as ameded bagi kapal yang berukuran 150 GT atau lebih dan kapal penumpang tidak peduli ukurannya, wajib dilengkapi dengan

a. Sebuah Sextant.
b. Sebuah Radar cadangan.
c. Sebuah RDF
d. Sebuah Magnetic Compass cadangan
JAWAB : D

02. AHMAD KOSASIH.
5. Menurut SOLAS 1974 as amended bahwa semua kapal ukuran 500GT atau lebih, sebagai tambahan dari ketentuan sebelumnya, wajib dilengkapi dengan :

a. Sebuah ECDIS
b. Sebuah RDF
c. Sebuah gyro compass,
d. Sebuah Radar
JAWAB : C

6. Menurut SOLAS 1974 as amended bahwa semua kapal ukuran 500 GT atau lebih, yang dilengkapi dengan Gyro Compass danRepeaternya , wajib dilengkapi dengan

a. Sebuah repeater haluan gyro compass, untuk menunjukkan arahyang dipasang pada Emergency steering (penataan kemudi darurat).
b.Sebuah alat untuk merubah haluan magnit menjadi haluan sejati.
c.Kemudi otomatis.
d.Kemudi darurat.
JAWAB : A

7. Menurut SOLAS 1974 as amended bahwa semua kapal ukuran 500 GT atau lebih, yang dilengkapi dengan Gyro Compass dan Repeaternya wajib dilengkapi dengan

a. Sebuah repeater baringan gyro compass, untuk membaring dengan busur cakrawala 360° menggunakan gyro compass,
b. Sextant
c. Theodolit
d. Busur derajat.
JAWAB : A

8. Menurut SOLAS 1974 as amended bahwa semua kapal ukuran 500 GT atau lebih, wajib dilengkapi dengan

a. Sebuah Ship’s telephone untuk berkomunikasi tentang
pembacaan arah pengemudian kapal di emergency steering gear.
b. Sebuah voice tube.
c. Two way comunication.
d. Telegraft .
JAWAB : A

03. ARIESTO IDICON PS:

9. Pada Sebuah sistem anjungan terpadu (Integrated bridge systems) ,untuk memonitor jika salah satu peralatan tidak berfungsi makadiatas kapal harus dipasang ….

a. Alarm bunyi atau tanda visual yang tidak mengganggu sub sistem lainnya.
b. Fuse Automatic release sistim.
c. Genset darurat.
d. Generator bantu.
JAWAB : A

10.IMO melalui Konvensi SOLAS 1974 mensyaratkan bagi semua kapal niaga yang berlayar diperairan Internasional harus dilengkapi dengan pedoman magnet dengan menetapkan persyaratan konstruksi dan jumlahnya yang harus ada di kapal. Menurut konstruksinya pedoman magnet terdiri dari …..

a. Pedoman magnet kering dan Pedoman magnet basah (cair).
b. TMC.
c. Electronic Compass.
d. Standard Compass.
JAWAB : A

BAB- II Kemagnetan : ( 5 Pertanyaan )

1. Magnetisme yang ada hanya ketika material berada di bawah pengaruh medan eksternal disebut.

A. Magnet permanen
B. Induksi magnet
C. Sisa magnetisme
D. Magnetisme terestrial.
JAWAB : B

2. Hukum couloumb menyatakan bahwa…..

A. Kutub – kutub senama akan tarik menarik.
B. Kutub – kutub tidak senama akan tolak menolak.
C. Kekuatan daya tarik/tolak adalah yang terkuat ditengah tengah magnit Batang.
D. Kutub-kutub yang senama dari dua buah magnit batang akan saling tolak
menolak, dan kutub-kutubnya yang tidak senama akan tarik-menarik.
JAWAB : D

04. ASWINALDO ADHITYA :

3. Medan magnetis adalah….

A. Ruangan sekeliling magnet dalam mana pengaruh magnet tersebut berlaku.
B. Garis hubung Kutub Utara / Selatan Magnit batang.
C. Sumbu magnetis yang berada ditengah-tengah magnit batang.
D. Bidang netral yang berada ditengah2 magnit batang.
JAWAB : A

4. Arah medan adalah …..

A. Arah garis-garis gaya didalam medan magnetis.
B. Sudut yang dibentuk oleh magnit batang dengan bidang datar diatas permukaan bumi.
C. Garis hubung Kutub Utara / Selatan Magnit batang.
D. Ruangan sekeliling magnet dalam mana pengaruh magnet tersebut berlaku.
JAWAB :A

5. Kekuatan medan adalah …….

A. Penarikan atau penolakan magnetis pada sebuah satuan kutub .
B. Medan dari garis-garis gayanya berjalan sejajar.
C. Ruangan sekeliling magnet dalam mana pengaruh magnet tersebut berlaku.
D. Arah garis-garis gaya didalam medan magnetis
JAWAB : A

BAB- III Kemagnetan Bumi: ( 31 Pertanyaan)

1. Garis pada peta yang menghubungkan nilai variasi magnetik yang sama disebut

A. Garis lintang magnetik
B. Variasi magnetik
C. Dip
D. Garis isogonik.
JAWAB : D

05. DIKI RIYANTO :

2. Anda sedang memasuki terusan di malam hari. Hal ini ditandai dengan garis haluan yang diharuskan 185 ° True. Anda berlayar terus begitu di haluan pedoman 180 ° dengan garis haluan Ini menunjukkan bahwa Anda .

A. Harus datang tepat untuk mendapatkan di kisaran
B. Haluan nya yang salah
C. Kompas memiliki beberapa kesalahan timur
D. Terpengaruh oleh arus selatan.
JAWAB : C

3. Sebuah kapal mengubah arah ke kanan, mawar pedoman di kompas magnetik

A. Tetap selaras dengan utara pedoman
B. Juga beralih ke kanan
C. Pertama beralih ke kanan kemudian berlawanan dengan arah jarum jam ke kiri.
D. Berputar berlawanan dengan arah jarum jam ke kiri.
JAWAB : A

4. Anda akan menemukan variasi pada peta proyeksi polikonic

A. Pada mawar peta
B. Pada skala jarak / lintang
C. Ditulis pada judul peta
D. Pada setiap garis bujur.
JAWAB : A

5. Variasi magnetik berubah seiring dengan perubahan pada

A. Haluan Kapal
B. Kondisi laut
C. Musim
D. Posisi kapal.
JAWAB : D

06. JALAUDIN :

6. Variasi tidak konstan; Hal ini berbeda dengan setiap perubahan dari:

A. Kecepatan
B. Haluan Kapal
C. Tempat secara geografis
D. Muatan (cargo).
JAWAB : C

7. Variasi adalah sudut antara.
A. Utara pedoman dan utara magnetis
B. Utara pedoman dan utara sejati
C. Garis meridian magnetik dan garis meridian geografis
D. Haluan kapal Anda dan meridian magnetis.
JAWAB :C

8. Baringan relatif selalu diukur dari.

A. Utara sejati
B. Utara magnetis
C. Melintang kapal
D. Haluan kapal.
JAWAB : D

9. Pada mawar peta yang ada pada peta laut mencantum- kan variasi dan.

A. Deviasi
B. Perubahan variasi setiap tahunnya
C. Presesi
D. Kesalahan kompas.
JAWAB : B

07. KORFAN RIKARD M

10. Pada Ekuator magnetik tidak ada magnetisasi yang diinduksi pada besi lunak vertikal karena.

A. Garis gaya melintasi ekuator pada 00 °- Kesejajaran 180 °
B. Kesalahan kwadran adalah 00 °
C. Tidak ada komponen vertikal dari Medan magnit bumi
D. Haluan intercardinal memiliki kurang dari kesalahan 01°.
JAWAB : C

11. Kekuatan direktif terbesar diberikan pada kompas magnetik saat.

A. Jarum magnit hampir berimpit dengan garis meridian
B. Kapal berada di dekat kutub U/S magnet bumi
C. Variasi mendekati nol
D. Kapal berada di dekat Equator magnetik.
JAWAB : D

12. Informasi apa yang diberikan lingkaran luar dari MAWAR PETA pada PETA LAUT?

A. Variasi
B. Arah yang sejati
C. Arah magnetik
D. Tingkat perubahan tahunan dari nilai variasi.
JAWAB : B

13. Sudut horizontal antara meridian magnetik dan garis Utara-Selatan kompas magnetik adalah.

A. Deviasi
B. Variasi
C. Sembir (Kesalahan kompas)
D. Inklinasi (Dip).
JAWAB : A

08. KRISTIANUS BELIKO.

14. Pada peta laut , Lingkaran bagian dalam dari mawar peta menunjukkan.
A. Arah sejati
B. Sembir ( Compass error)
C. Deviasi
D. Arah magnetik.
JAWAB : D

15. Bagaimana variasi ditunjukkan pada peta laut skala kecil?

A. tabel kompas magnetik
B. Meridian magnetik
C. Garis isogonik
D. Variasi tidak ditunjukkan pada peta laut skala kecil .
JAWAB : D

16. Jika kompas magnetik tidak terpengaruh oleh medan magnet Bumi, pernyataan manakah yang BENAR?

A. Kesalahan dan variasi kompas sama.
B. Utara Pedoman akan Utara sejati .
C. Variasi akan sama dengan deviasi.
D. Tidak akan ada kesalahan kompas.
JAWAB : D

17. Perubahan variasi tahunan untuk suatu daerah dapat ditemukan di.
A. Buku Pegangan untuk Kompas Magnetik Penyesuaian, Pub 226
B. Pusat mawar peta pada peta laut
C. Tabel deviasi kompas
D. Variasi tidak berubah.
JAWAB : B

09. M RIZKY MUNTAZHIR SIRAIT :

18. Variasi adalah kesalahan kompas yang Anda.
A. Dapat memperbaiki dengan menyesuaikan dg daftar deviasi
B. Dapat mengoreksi dengan menyesuaikan kompensasi magnet
C. Dapat memperbaiki dengan mengubah heading kapal
D. Tidak bisa memperbaiki.
JAWAB : D

19. Informasi magnetik pada peta mungkin.
A. Ditemukan di tengah mawar peta
B. Diindikasikan oleh garis isogonik
C. Ditemukan dalam catatan pada peta
D. Semua hal di atas.
JAWAB : D

20. Variasi tidak konstan; berbeda dengan setiap perubahan.

A. Kecepatan
B. haluan kapal
C. Lokasi geografis
D. Muatan.
JAWAB : C

21. Variasi adalah pengukuran sudut antara.

A. Utara Pedoman dan utara magnet
B. Utara Pedoman dan utara sejati
C. Meridian magnetik dan meridian geografis
D. Haluan kapal Anda dan meridian magnetik.
JAWAB : C

10. M ARDAN SANJAYA.

22. Mawar peta pada peta laut nautical menunjukkan variasi dan.
A.Deviasi
B. Tingkat perubahan variasi tahunan
C. Presesi
D. Sembir ( Compass Error).
JAWAB : B

23. Di khatulistiwa magnetik tidak ada magnet yang diinduksi dalam besi lunak vertikal karena.

A. Garis-garis gaya melintasi garis khatulistiwa pada garis lurus 0 ° – 180 °
B. Kesalahan kuadranal adalah 0 °
C. Tidak ada komponen vertikal dari medan magnet bumi
D. Haluan interkardinal memiliki kesalahan kurang dari 1 °.
JAWAB : C

24. Gaya pengarah terbesar diberikan pada kompas magnetik ketika.

A. Jarum hampir sejajar dengan meridian
B. Kapal berada di dekat kutub magnet
C. Variasi mendekati nol
D. Kapal berada di dekat khatulistiwa magnetik.
JAWAB : D

25. Magnet kompas magnetik digerakkan oleh komponen horisontal dari gaya magnet total Bumi. Gaya magnet ini adalah TERBESAR di.

A. Kutub magnet utara
B. Kutub magnet selatan
C. Magnetik vertikal utama meridian
D. Khatulistiwa magnetik.
JAWAB : D

11. MINANG ROSA ROSALINA.

26. Haluan kompas magnetik standar berbeda dengan haluan sejati.
A. Sembir ( Compas Error)
B. Latitude Sembir = Hs-Hp
C. Variasi
D. Deviasi.
JAWAB : A

27. Sembir ( Compass Error) sama dengan

A. Deviasi minus variasi Sembir = Var + Dev
B. Variasi plus Haluan pedoman
C. Gabungan Variasi dan Deviasi
D. Perbedaan antara heading sejati dan haluan magnet.
JAWAB : C

28. Kesalahan mana yang TIDAK termasuk dalam istilah “Arus” saat digunakan sehubungan dengan perbaikan haluan ?

A. Kemudi tdk makan
B. Leeway
C. Kesalahan kompas yang dikenal
D. Arus laut.
JAWAB : C

29. Bagaimana tingkat perubahan tahunan untuk variasi magnetik ditunjukkan pada pilot chart ( Isogonik chart)?

A. Garis abu-abu pada peta inset paling atas
B. Garis merah di bagian utama peta
C. Dalam tanda kurung pada variasi medan magnit yang sama,
D. Tingkat perubahan tahunan tidak diperlihatkan.
JAWAB : C

12.MUSFIARDI:

30. Medan magnet bumi adalah

A. Konstan dalam jangka waktu yang lama
B. Mengurangi secara keseluruhan dan telah kehilangan 50% selama 4000 tahun terakhir
C. Meningkat perlahan-lahan karena badai matahari magnetik
D. Satu-satunya kekuatan yang mempengaruhi kompas magnetik.
JAWAB : D

31. Variasi magnetik berubah dengan perubahan

A. Haluan kapal
B. Kondisi laut
C. Musim
D. Posisi kapal.
JAWAB : D

BAB- IV Kemagnetan Pada Badan Kapal ( 5 Pertanyaan)

1. Terjadinya magnetisme Permanent pada badan kapal ……..

A. Pada saat kapal mengalami tubrukan atau bersinggungan bangunan Yang terbuat dari logam.
B. Sejak kapal dibangun di galangan.
C. Pada saat kapal terkena petir.
D. Pada saat kapal memuat muatan yang mengandung magnetis.
JAWAB : B

2. Haluan pembangunan kapal Utara menyebabkan terbentuknya kutub2 permanen pada badan kapal sehingga……

A. Haluan akan menjadi Utara-nya dan Buritan akan menjadi Selatan-nya.
B. Haluan akan menjadi Selatan-nya dan buritan akan menjadi Utara-nya.
C. Lambung kiri akan menjadi Utaranya.
D. Lambung kanan akan menjadi Selatannya.
JAWAB : A

13.OFEL YERICHO T.

3. Haluan pembangunan kapal yang terbaik adalah……
A. Haluan pembangunan Timur.
B. Haluan pembangunan Barat.
C. Haluan pembangunan Utara/Selatan.
D. Haluan pembangunan Tenggara.
JAWAB : C

4. Didalam besi kapal diinduksikan magnetisme permanen, ini menarik jarum pedoman keluar dari derajah magnetis, oleh karenanya timbullah ….

A. deviasi.
B. Variasi.
C. Inklinasi.
D. Gausin Error.
JAWAB : A

5. Pada saat kapal dibangun digalangan dan setelah diluncurkan kedalam air biasanya haluannya diputar kehaluan yang berlawanan dan hal itu adalah agar………..

A. Dapat mempertahankan kemagnitan permanen pada badan kapal nya.
B. Memperkecil pengaruh magnetisme permanen pada badan kapal.
C. Kapal memperoleh karakteristik kemagnitan pada badan kapal yangmelintang.
D. Keseimbangan kapal tidak terganggu.
JAWAB : B

BAB- V Deviasi : (13 Pertanyaan)

1. Penyimpangan ( Deviasi ) kompas magnetik

A. Bervariasi tergantung pada baringan yang digunakan
B. Adalah perbedaan sudut antara Kutub Utara magnet bumi dengan Kutub Utara jarum magnet.
C. Diperlihatkan pada mawar peta di peta laut
D. Adalah perbedaan sudut antara meridian geografis dan meridian magnetik.
JAWAB : B

14. RAHMAT LESTANTO :

2. Penyimpangan( Deviasi) kompas disebabkan oleh.

A. Posisi geografis kapal
B. Haluan Kapal
C. Medan magnet bumi
D. Pengaruh dari magnetisme permanent yang ada pada besi badan kapal.
JAWAB : D

3. Haluan kompas magnet standar ( Hp ) berbeda dari Haluan sejati ( Hs) disebut.

A. Sembir( compas error)
B. Lintang
C. Variasi
D. Deviasi.
JAWAB : A

4. Kesalahan kompas ( sembir) sama dengan.
A. Deviasi dikurangi variasi
B. Variasi ditambah haluan pedoman Sembir= Var + Dev
C. Gabungan variasi dan deviasi
D. Perbedaan antara haluan sejati dan haluan magnetik.
JAWAB : C

5. Saat mengubah dari haluan pedoman menjadi haluan sejati, Anda harus menggunakan.
A. Variasi
B. Deviasi
C. Variasi dan Deviasi
D. Koreksi untuk setingan arah arus saat itu.
JAWAB : C

15. RUDI RAHMAT SIMATUPANG:

6. Kesalahan mana yang TIDAK termasuk dalam istilah “arus” saat digunakan
dalam kaitannya dengan perbaikan?
A. kemudi yang buruk
B. Kelonggaran
C. Dikenal kesalahan kompas
D. arus laut.
JAWAB : C

7. Jika sebuah kapal bergerak ke arah Equator magnetik, deviasi yang tidak dikoreksi karena magnet permanen akan ………

A. Bertambah
B. Tetap sama
C. Berkurang
D. Tidak penting dan dapat diabaikan.
JAWAB : C

8. Jika haluan pedoman dan haluan magnetnya sama maka.

A. Deviasi telah diimbangi oleh variasi
B. Ada yang salah dengan kompas
C. Kompas dipengaruhi oleh bahan magnetis di dekatnya.
D. Tidak ada deviasi pada haluan itu.
JAWAB : D

9. Deviasi berubah dengan perubahan.

A. Latitude
B. Haluan
C. Bujur
D. Kondisi laut.
JAWAB : B

16. JUSMAN

10. Anda memasuki terusan di malam hari. Itu ditandai oleh leading line 185 ° True . Anda berlayar terus begitu di haluan pedoman 180 ° dengan kisaran di garis haluan anda. Ini menunjukkan bahwa Anda .

A. Harus datang tepat pada haluan yang disarankan
B. Haluan salah
C. Kompas memiliki beberapa kesalahan timur
D. Sedang dipengaruhi oleh arus Selatan.
JAWAB : C

11. Deviasi kompas disebabkan oleh.

A. Posisi geografis kapal
B. haluan Kapal
C. Medan magnet bumi
D. Pengaruh bahan magnetik kapal.
JAWAB : D

12. Saat kapal berubah arah ke kanan, piringan pedoman pada kompas magnit

A. Pertama belok ke kanan, lalu berlawanan dengan arah ke kiri
B. Juga beralih ke kanan
C. Tetap selaras dengan Utara pedoman
D. Putar berlawanan arah jarum jam ke kiri.
JAWAB : C

13. Efek magnetik total yang menyebabkan deviasi kompas kapal dapat diuraikan menjadi serangkaian komponen yang disebut sebagai.

A. Bagian divisi
B. Koefisien
C. Bagian pecahan
D. Persamaan.
JAWAB : B

17.RICO SUJI ASMORO.

BAB- VI Simpangan senget : (1 Pertanyaan )

1. Kesalahan kemiringan didefinisikan sebagai perubahan deviasi untuk kemiringan………

. 02 ° Sementara kapal berada pada haluan intercardinal.
B. 01 ° Sementara kapal berada pada haluan pedoman 000 °
C. 02 ° dan pada semua haluan yang tetap.
D. 01 ° sementara kapal berada pada haluan pedoman 180 °.
JAWAB : B

PERTEMUAN KE – 2

BAB- VII Standard kinerja Kompas Magnit : (8 Pertanyaan )

1. Apa keuntungan dari kompas magnetik di atas kapal?

A. Kesalahan kompas diabaikan pada atau di dekat kutub magnet bumi
B. Kompas magnit tetap dapat digunakan walupun kapal black out.
C. Hal ini dapat diandalkan karena kesederhanaannya sangat penting.
D. Semua titik pada kompas naik dengan mudah terlihat.
JAWAB : B

2. Apa prinsip kerja dari kompas magnit ?

A. Suatu Bahan magnetik dimana kutub magnetis yang sama akan saling tolak menolak satu sama lain dan kutub magnetis yang tidak senama akan tarik menarik.
B. Garis gaya medan magnet Bumi sejajar dengan permukaan bumi
C. Garis meridian magnit bumi menghubungkan titik-titik yang variasi yang sama
D. Jarum kompas , bila ditimbal dengan benar , akan sejajar dengan garis hayal isogonis Bumi.
JAWAB : A

3. Tujuan bola besi lunak yang terpasang di Binacle adalah untuk mengkompensasikan……….

A. Komponen vertikal permanen pada magnetisme kapal.
B. Sisa deviasi.
C. Medan magnet yang disebabkan oleh arus listrik di sekitarnya.
D. Induksi magnetisme pada besi lunak horizontal.
JAWAB : D

18. SYARIPUDIN BAHARSYAH.

4. Untuk mengkompensasikan Induksi magnetisme pada besi lunak horizontal kapal digunakan alat pengoreksi …..

A. Bola besi lunak yang di pasang pada kiri & kanan Binacle
B. Magnet vertikal tunggal di bawah kompas
C. Flinders Bars yang dipasang didepan Binacle
D. Magnet Membujur dan Melintang yang di tempatkan di dalam binnacle.
JAWAB : A

5. Deviasi yang maksimal pada haluan intercardinal kemungkinan dapat dihilangkan oleh.

A. Flinders bar
B. Magnet melintang
C. Magnet membujur
D. Bola besi lunak di sisi kompas.
JAWAB : D

6. Prinsip kerja kompas magnetik menggunakan prinsip-prinsip ……….

A. Sebuah Magnit Batang yang memiliki polaritas yang sama akan saling tolak dan yang memiliki polaritas yang berlawanan akan tarik menarik.
B. Garis-garis gaya magnet bumi sejajar dengan permukaan bumi.
C. Meridian magnetik menghubungkan titik-titik dengan variasi magnetik yang sama.
D. Jarum kompas akan, ketika dikompensasi dengan benar, terletak sejajar dengan garis isogonik Bumi.
JAWAB : A

7. Tujuan dari bola besi lunak yang dipasang pada lengan pada binnacle adalah untuk mengimbangi.

A. Komponen vertikal dari magnet permanen kapal
B. Deviasi residual
C. Medan magnet yang disebabkan oleh arus listrik di sekitarnya
D. Induksi magnet pada besi lunak horizontal yang ada pada badan kapal.
JAWAB : D

19. SANI MASITOH

8. Yang mengkompensasi magnet yang diinduksi dalam besi lunak horisontal Kapal adalah ….

A. Iron spheres dipasang pada binnacle
B. Sebuah magnet vertikal tunggal di bawah kompas
C. Flinders Bar
D. Magnet dalam rak di dalam binnacle.
JAWAB : A

BAB- VIII Penempatan Pedoman magnit diatas Kapal : ( 4 Pertanyaan )

1. Untuk menempatkan Ketel pedoman pada Binacle nya, Saudara harus mengkondisikan kapalnya Even keel , haluan menghadap ke Utara atau Selatan, dan Atur sekrup pengikat Binacle sampai……

A. Haluan pedoman sesuai dengan garis layar (lubber line)
B. Tidak ada gerakan yang hilang pada cincin gimbal
C. Tidak ada perubahan haluan pada kompas yang diamati jika anda menaikkan dan menurunkan korektor senget ( heeling magnet corrector )
D. Cincin kardanus (gimbal ring) tidak menyentuh ketel pedoman saat mengalami kemiringan.
JAWAB : A

3. Perlengkapan pedoman magnit, jika dianggap wajar dan dapat diterapkan, harus ditempatkan sedemikian rupa ……..

A. Tepat atau sejajar dengan Garis sumbu kapal.
B. Di Ruangan Anjungan.
C. Di Kamar Peta
D. Di kamar kemudi.
JAWAB : A

4. Cara memeriksa ketepatan garis layar (Luber Line/Lubber Mark) pada pedoman yang dipasang tepat pada center line diatas kapal……..

A. Dg cara menempatkan sebuah tiang diarah haluan kemudian tiang tsb dibaring .
B. Dengan memasang dua buah tiang.
C. Dengan menggunakan leading line .
D. Dengan membaring menggunakan Gyro Compass.
JAWAB : A

BAB- IX Ketel Pedoman Magnit : ( 1 Pertanyaan )

20. ZULFADLI :

1. Garis layar pada kompas magnit menunjukkan…..

A. Utara Pedoman
B. Arah haluan kapal
C. Utara Magnetis
D. Baringan relatif diambil dengan alat pembaring Azimuth Circle.
JAWAB : B

BAB- X Mawar Pedoman ( 2 Pertanyaan )

1. Magnet kompas magnetik dipengaruhi oleh komponen horizontal dari gaya magnet total bumi. Gaya magnetis ini Terbesar di.

A. Kutub Utara
B. kutub magnet selatan
C. Garis meridian vertikal magnetik
D. Ekuator magnetik.
JAWAB : D

2. Busur derajat yang terdapat pada piringan pedoman dalah ……

A. 360 °
B. 380 °
C. 390 °
D. 420 °.
JAWAB : A

BAB- XI Cairan Pedoman Magnit ( 3 Pertanyaan )

1. Gelembung udara dalam ketel pedoman dapat dihilangkan dg cara…..
A. Menguras cairan pedoman yang ada di dalam ketel pedoman.
B. Menggantian rubber seal pada ketel pedoman.
C. Membuka sekrup-sekrup yg ada pada ketel pedoman.
D. Memiringkan ketel dan mengisi cairan pedoman yang sesuai.
JAWAB : D

21. ADDI DARMAWAN :

2. Jenis cairan pedoman yang digunakan pada ketel pedoman dapat diketahui dengan cara…
A. Memperhatian gelembung udara yg terdapat dldalam ketel.
B. Mengecek jenis liquid yang digunakan melalui certifikat kompas.
C. Memperhatikan liquid yg terdapat dalam botol cadangan.
D. Mengecek pada daftar deviasi pedoman.
JAWAB : B

3. Cairan pedoman yang digunakan adalah…

A. Air Raksa
B. Alkohol
C. Aquades campur Alkohol
D. Air saja.
JAWAB : C

BAB- XII Alat Pembaring : ( 0 Pertanyaan )

1. ………………

PERTEMUAN KE- 3

BAB- XIII Menimbal Pedoman Magnit : ( 16 Pertanyaan )

1. Saat melintasi khatulistiwa magnetik itu.
A. Flinders bar harus terbalik
B. Heeling magnet corrector harus terbalik
C. Bola2 besi lunak harus diputar 180 °
D. Flinders bar harus dipindahkan ke sebaliknya sisi Binnacle.
JAWAB : B

22. MISDIANTO HARI:

2. The Quadrantal Spheres are used to

A. Remove deviation on the Intercardinal headings
B. Remove deviation on the Cardinal Compass Headings
C. Remove Heeling error
D. Compensate for induced magnetism in vertical soft iron.
JAWAB : A

3. Anda akan berlayar dan menimbal kompas magnit. Untuk mempercepat penimbalan di laut, apa urutan penimbalan berikut ini?

A. Flinders bar pertama, kemudian heeling corr magnet dan bola
B. Heeling corr magnet dulu, Flinders bars dan bola
C. Flinders bar dulu, lalu bola dan heeling corr magnet
D. Spheres dulu, Flinders bar dan heeling corr cmagnet.
JAWAB : D

4. Saat menimbal Kompas magnetik menggunakan Magnet permanen membujur, Anda harus melakukannya….

A. Gunakan magnet satu per satu, masukkan satu satu sisi dan satu di sisi yang berlawanan, satu langkah lebih tinggi
B. Gunakan magnet berpasangan, mulai dari atas, dengan nampan di titik tertinggi perjalanan
C. Gunakan magnet berpasangan, dari bawah keatas dengan dicoba mulai dari yang terbawah
D. Isi semua nampan dengan magnet, lalu lepaskan mereka satu-per-satu sampai penyimpangan dihapus.
JAWAB : B

5. Flinders bar pada kompas magnetik mengkompensasi untuk

A. menginduksikan magnetisme transient pada besi lunak vertikal
B. Menginduksikan magnetisme pada besi lunak horisontal
C. Magnetisme permanen pada badan kapal
D. Kemiringan kapal terhadap bidang vertikal.
JAWAB : A

23. ROY MONTA BARUS.

6. Komponen vertikal medan magnet bumi menyebabkan magnetisme yang diinduksi pada besi lunak vertikal. Ini berubah dengan garis lintang. Alat penimbal apa yang digunakan untuk mengoreksi koefisien deviasi ini?

A. Flinders Bars
B. Heeling error magnet corrector
C. Bola besi lunak
D. Magnet batang pada Binacle.
JAWAB : A

7. Magnet corrector vertikal yang ditempatkan di bawah Binnacle digunakan untuk menimbal .

A. Komponen daya tarik horizontal permanen .
B. Deviasi disebabkan oleh kemiringan kapal dari posisi tegak.
(Deviation caused by the vessel’s inclination from the vertical)
C. Induksi magnetis pada besi lunak horizontal
D. Induksi magnetis pada besi lunak vertikal.
JAWAB : B

8. Corrector magnetik apa satu2 nya yang digunakan untuk menginduksi efek magnet permanen dan induksi dari magnetisme melintang ?

A. Korektor Bola besi lunak .
B. Heeling corrector magnet
C. Athwartships Magnet corrector ( magnit melintang)
D. Magnet korektor membujur .
JAWAB : C

9. Alat pengoreksi yang mana yang digunakan untuk mengoreksi kesalahan jika kapal miring ?

A. Bola besi lunak pada Binacle.
B. Magnet ditempatkan melintang di Binacle.
C. Korektor senget ( korektor magnet vertikal di bawah kompas)
D. Flinders bars.
JAWAB : C

24. BADULU :

10. Efek magnetik total yang menyebabkan deviasi kompas kapal dapat diuraikan menjadi serangkaian komponen yang disebut sebagai.

A. Bagian divisi
B. Koefisien
C. Bagian pecahan
D. Persamaan.
JAWAB : B

11. Pada saat menimbal kesalahan kompas magnit , tabel deviasi harus dibuat.

A. Sebelum mengoreksi Deviasi
B. Setelah mengoreksi Variasi
C. Setelah mengatur magnet permanent korektor membujur dan magnit korektor melintang .
D. Sebelum korektor kuadrantal ditempatkan pada rumah pedoman.
JAWAB : C

12. Tujuan utama penimbalan pedoman magnit adalah untuk.

A. Mengurangi variasi sebanyak mungkin
B. Mengurangi deviasi sebanyak mungkin
C. Mengurangi Inklinasi (dip) magnet sebanyak mungkin
D. Mengupayakan agar ketel pedoman mengayun bebas pada gimbalnya.
JAWAB : B

13. Untuk menemukan haluan magnetis dari haluan sejati, Anda harus menggunakan .

A. Anomali magnetik (gangguan lokal) Hs=Hm+Var
B. Deviasi
C. Variasi
D. Deviasi dan variasi.
JAWAB : C

25 FRANS :

14. Saat melintasi garis khatulistiwa magnetik.

A. Flinders bar harus dibalik
B. Magnet heeling harus dibalik
C. Bola kuadranal harus diputar 180 °
D. Flinders bar harus dipindahkan ke sisi yang berlawanan dari binnacle.
JAWAB : B

15. Bola besi lunak digunakan untuk.

A. Hilangkan Deviasi pada haluan surat induk antara
B. Hapus penyimpangan pada haluan kompas surat induk(Cardinal )
C. Hapus kesalahan heeling
D. Kompensasi untuk magnetisme vertikal yang diinduksi dalam besi lunak
JAWAB : A

16. Saat menimbal kesalahan kompas magnetik , tabel Deviasi harus dibuat.

A.Sebelum mengoreksi Deviasi apa pun
B. Setelah mengoreksi variasi
C. Setelah menyesuaikan magnet permanen membujur dan magnit korektor melintang
D. Sebelum korektor kuadranal ditempatkan pada kompas.
JAWAB : C

PERTEMUAN KE- 4

BAB- XIV TMC : ( 0Pertanyaan )

PERTEMUAN KE- 5

BAB- XV GYRO COMPASS : ( 0 Pertanyaan )

BAB- XVI PRINSIP KERJA GYRO COMPASS : ( 1 Pertanyaan )

1. Anda menggunakan RADAR di mana Kapal Anda ditampilkan di tengahnya, dan Lampu cerlang arah ( Suar Penuntun) selalu mengarah ke 000 °. Jika lampu cerlang dibaring, jenis baringan apa yang dihasilkan?

A. Relatif
B. Sejati
C. Kompas
D. Magnetik
JAWAB : B

26. Inda Lesmana Subagja Dinata :

BAB- XVII HUKUM GASING : ( 3 Pertanyaan )

1. Keakuratan penunjukan arah Gyrocompass.

A. Bertambah sesuai dengan perubahan garis lintang, Maksimum pada saat berada di kutub geografis
B. Berkurang seiring dengan perubahan lintang, dan maksimum pada saat khatulistiwa geografis
C. Paling besar pada saat kapal berada di dekat khatulistiwa magnetik bumi
D. Tetap sama di semua lintang.
JAWAB : B

2. Pernyataan gyrocompass manakah yang SALAH?

A. Ia akan tetap akurat pada semua lintang yang sama.30
B. Ia mencari meridian sejati.
C. Ia dapat digunakan di dekat kutub magnet Bumi.
D. Jika ada kesalahan(GE), itu akan sama pada semua haluan.
JAWAB : A

3. Inersia gyroscopic adalah gaya yang menyebabkan gyroscope

A. Mencari utara sejati
B. Tetap menunjuk pada suatu titik tetap di angkasa
C. Didahului secara pasti di sekitar kutub
D. Berputar sangat cepat.
JAWAB : B

BAB- XVIII APLIKASI HUKUM GASING : ( 9 Pertanyaan )

01. AGUS AJI PAMBUDI

1. Kesalahan gyrocompass yang dihasilkan dari pergerakan kapal anda selain dari pada arah timur-barat disebut.

A. Kesalahan peredaman ( kesalahan lintang )
B. kesalahan balistik
C. Kesalahan kuadrantal
D. Kesalahan kecepatan ( kesalahan haluan ).
JAWAB : A

02. AHMAD KOSASIH

2. Sistem reservoir dan pipa Mercury penghubung dalam kompas gyro disebut.
A. Spider elemen
B. Mercury Balistik
C. Gyrotron
D. Rotor.
JAWAB : B

03. ARIESTO IDICON P S

3. Pada master gyrocompass, piringan pedoman terpasang pada …….
A. Spider element
B. Sensitive element
C. Link arm
D. Panthom Elemen.
JAWAB : D

04. ASWINALDO ADHITYA

4. Indikasi master gyrocompass dikirim ke repeater jarak jauh oleh.

A. Follow-up system
B. Transmitter
C. Unsur phantom
D. Motor Azimuth.
JAWAB : B

05. DIKI RIYANTO

5. Jika kesalahan gyrocompass adalah Timur, apa yang menjelaskan bahwa kesalahan dan koreksi yang harus dilakukan untuk haluan gyrocompass untuk mendapatkan haluan yang sejati ?
A. Pembacaan terlalu rendah (kecil secara numerik) dan jumlah kesalahan harus ditambahkan ke haluan Gyro kompas untuk mendapatkan haluan sejati
B. Pembacaan terlalu rendah dan jumlah kesalahan harus dikurangi dari haluan Gyro kompas untuk mendapatkan haluan sejati.
C. Bacaan terlalu tinggi (besar secara numerik) dan jumlah kesalahan harus ditambahkan ke haluan Gyro kompas untuk mendapatkan haluan sejati.
D. Bacaan terlalu tinggi dan jumlah kesalahan harus dikurangi dari haluan kompas untuk mendapatkan haluan sejati.
JAWAB : D

06. JALUDIN

6. Pernyataan manakah tentang kesalahan gyrocompass yang BENAR?
A. Jumlah kesalahan dan tanda umumnya akan sama pada semua haluan.
B. Tanda (E atau W) dari kesalahan akan berubah dengan Haluan yang berbeda dari kapal.
C. Kesalahan apa pun akan tetap konstan kecuali jika Kompas Gyro dihentikan dan mulai start lagi
D. Setiap kesalahan yang ditunjukkan oleh repeater gyro akan sama dengan kesalahan master Gyro .
JAWAB : D

07. KORFAN RIKARD M

7. Metode yang paling akurat untuk menentukan kesalahan gyrocompass saat berlangsung adalah dengan.

A. Membandingkan baringan dari benda angkasa dengan azimuth benda angkasa yang dihitung
B. Membandingkan haluan Gyro dengan haluan kompas magnetik
C. Membandingkan garis haluan yang dibuat pada peta laut dengan hasil pengamatan benda angkasa.
D. Tidak dapat ditentukan secara akurat di laut karena arus yang tidak diketahui.
JAWAB : A

08. KRISTIANUS BELIKO

8. Jika kompas Gyro Anda membaca 20 º lebih rendah dari kompas magnetik Anda

A. Anda harus khawatir karena kedua kompas harus cocok dengan cukup dekat
B. Gyro mengalami sejumlah besar penyimpangan
C. Variasi giroskopik menjadi tidak teratur
D. Kompas magnetik dapat mengalami banyak variasi.
JAWAB : B

09. M RIZKY MUNTAZHIR S

9. Kopel yang diterapkan dengan hati-hati ke salah satu poros yang ditempati gyro akan menyebabkan gyro

A. Berayun dengan liar
B. Poros Gyroscope akan bergerak dengan arah 180º berlawanan dari kopel yang mempengaruhi nya .
C. Melakukan presesi ke arah 90º dari kopel yang mempengaruhinya.
D. Berhenti.
JAWAB : C

PERTEMUAN KE- 6

BAB- XIX PENATAAN PEDOMAN GYRO COMPASS : ( 1 Pertanyaan )

10. M ARDAN SANJAYA

1. Repeater Gyrocompass mereproduksi penunjukan arah dari Master Gyrocompass . Hal itu ……… .

A. Akurat hanya di daerah kutub
B. Akurat karena Servo mekanisme elektronik
C. Dioperasikan secara manual
D. Akurat hanya jika kapal sedang dalam pelayaran.
JAWAB : B

11 . MINANG ROSA ROSALINA

BAB- XX CARA MENGOPERASIKAN GYRO COMPASS : ( 2 Pertanyaan )

1. Saat kapal Anda berlayar menyusuri terusan , Anda melihat lampu suar penuntun yang sejajar dengan tiang Anda. Jika kapal Anda berlayar pada haluan kompas Gyro 001 ° dan nilai leading line lampu suar penuntun adalah 359 ° T, berapa derajat kesalahan Gyro?

A. 02 ° W
B. 02 ° E
C. 01 ° E
D. 01 ° W
JAWAB : A

12. MUSFIARDI :

2. Kapal Anda sedang memasuki terusan, dan Anda melihat lampu suar penuntun sejajar dg haluan yang dikemudikan. Pada peta laut menunjukkan bahwa haluan leading line dari lampu suar penuntun ini adalah 311 ° T, dan variasinya adalah + 08 ° E. Jika haluan kompas standard kapal anda pada saat pengamatan adalah 305 ° , berapa derajat penyimpangan yang benar?

A. 02 ° E
B. 02 ° W
C. 06 ° E
D. 06 ° W.
JAWAB : B

SELAMAT MENGERJAKAN
_____!!!!_____

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Related post
TUGAS HARIAN METEOROLOGI SMT.8-ANT.2.EDISI-3 (CH-4)

admin

07 Feb 2024

01. Local wind is caused by differences in : a. Temperature b. Density c. Pressure d. Humidity Jawab A. Temperature 02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between : a. and 03.00 Local Time. b. 12.00 and 14.00 Local Time c. 05.00 and 07.00 Local Time d. 17.00 and 19.00 …

Tugas Harian METEOROLOGI-SMT.8-ANT.2 EDISI-3 (Ch-5)

admin

03 Feb 2024

Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan ! 2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah …

Tugas Trim dan Stabilitas Pertemuan 10 ANT2K 2022

admin

03 Feb 2024

Tugas Trim dan Stabilitas Pertemuan 10 ANT2K 2022

Soal UAD ANT II Kompas Magnit dan Gryro

admin

11 May 2023

  My courses  UADN2  UAD, Kamis 6 Agustus 2020  Soal UAD ANT II Kompas Magnit dan Gryro Started on Thursday, 6 August 2020, 9:11 AM State Finished Completed on Thursday, 6 August 2020, 9:43 AM Time taken 32 mins 8 secs Marks 30.00/30.00 Grade 10.00 out of 10.00 (100%) Kesalahan compass …

BAB 1 DASAR HUKUM DAN PENGERTIAN PEDOMAN SECARA UMUM

admin

11 May 2023

  PENDAHULUAN Di dalam bab ini akan dibahas mengenai alat navigasi dari yang paling konvensional dan penting di kapal hingga yang paling modern yang digunakan untuk menentukan arah di laut, yaitu Pedoman Magnit dan Pedoman Gyro.Tujuan kami menyusun bahan ajar mengenai Pedoman Magnit dan Pedoman Gyro ini ialah agar para pembaca pada umumnya dan Para …

DASAR HUKUM PENGGUNAAN KOMPAS DIATAS KAPAL

admin

11 May 2023

  SOLAS 1974 . Safety Of Life At Sea ( SOLAS 1974) Consolidated 2010. Didalam Konvensi Internasional SOLAS 1974 pada  bab V tentang  Safety Navigation , Peraturan 19, diatur beberapa ketentuan yang berkaitan dengan Carriage requirements for shipborne navigational systems and equipment “antara lain sebagai berikut: Semua kapal berapapun ukurannya yang berlayar diperairan Internasional, wajib …

x
x