Home » LATIHAN SOAL » Tugas Trim dan Stabilitas Pertemuan 10 ANT2K 2022

Tugas Trim dan Stabilitas Pertemuan 10 ANT2K 2022

admin 03 Feb 2024 30

Soal 1.

1. Sebuah kapal dengan data-data sbb :  LBP = 110 meter, Sarat depan (F) = 5,0 meter dan sarat belakang (A) = 5,0 meter. LCF = – 1,5 meter (didepan tengah-tengah kapal) , MTC = 120 t-m.
Hitunglah  :
  1. Berapa ton air ballast yang harus dipindahkan dari Tk I ke Tk. IV yang jaraknya 60 meter, jika Trim diinginkan menjadi 0,3 meter.
  2. Berapa sarat akhir depan (F) dan belakang (A).
Jawab
A. Ballast yang harus di pindahkan adalah sebanyak
COT = (w x d)/ MTC
O,3 = (w x 60)/ 120
0,3 = 60w / 120
60w = 0.3 x 120
w = 36 / 60
w = 0,6 = 60 tons
Jadi Ballast yang harus di pindahkan adalah sebanyak 60 tons
B. Final draft
COD (F) = [(53.5} / 110] x 0.3
               = 0,1459
COD (A) = 0.3 – 0,1459
               = 0,1541
Initial   FD = 5,0000                AD = 5,0000
 COD    (F) = 0,1459(-)  COD (A) = 0,1542(+)

FINAL  FD = 4,8541 M  AD = 5,1541 M

Soal 2.
2. Panjang sebuah kapal (LBP) diketahui = 100 meter dan sarat depan (F) = 3,00 m, sarat belakang (A) = 4,30 m, TPC = 10 t/cm dan MTC = 120 t-m. LCF terletak 3,0 m dibelakang tengah-tengah kapal. Selanjutnya kapal mengisi bahan bakar sebanyak 80 ton pada Tk.II (C) yang titik beratnya terletak 24 m didepan tengah-tengah kapal dan membuang water ballast sebanyak 40 ton dari Tk. IV (C) yang titik beratnya terletak 12 m dibelakang tengah-tengah kapal. Hitunglah sarat baru kapal depan (F) dan belakang (A) setelah kegiatan tersebut.
Jawab:
COT 1 = [(80 x 24)/120] Bahan bakar + to FD
            = 16 cm = 0,16 M
COD F1 = [(53/100) x 0,16
              = 0,0848
COD A1 = 0,16 – 0,0848
               = 0,0752
COT 2 = [(40 x 12)/ 120] Buang ballast – to AD
            = 4 cm = 0,04 M
COD F2 = [(53/100) x 0,04
              = 0,0212
COD A2 = 0,04 – 0,0212
               = 0,0188
Sinkage = Penambahan Bobot / TPC
               = [(80 – 40) / 10]
               = 4 cm = 0,04 M
Initial  FD  = 3,0000 M          AD = 4,3000 M
  COD F1   = 0,0848+    COD A1 = 0,0752 –
  COD F2   = 0,0212+    COD A2 = 0,0188 –
    Sinkage  = 0,0400 +    Sinkage = 0,0400 +

FINAL FD = 3,146  M   AD   = 4,246 M

Soal 3.
3. Panjang kapal (LBP) = 191,06 m dengan sarat depan (F) = 9,945 m dan sarat belakang (A) = 9,749 m. LCF = (+) 1,22 m (abaft of midship) MTC = 608,7 t-m.  Kapal harus bertolak dengan kondisi even keel. Tentukan berapa ton air ballast yang harus dipindahkan dari Tk.I (C) ke Tk.IV (C) dengan jarak geser (LCG TK.I s/d LCG TK.IV ) = 101,08 m, dan berapa sarat even keel kapal tersebut.
Jawab:
Trim = 9,945 – 9,749 = 0,196 M
COT = (w x d) / MTC
0,196 = (w x 101,08) / 608,7
101,08w = 119,3052
W = 1,180 x 10 = 118 Ton

Jadi air ballast yang harus di pindahkan adalah 118 Ton

Dan Sarat Even keel nya adalah
COT = (118 x 101,08) / 608
COT = 19,6175 cm atau 0,196
COD F = [96,75 / 191,06] x 0,196
COD F = 0,0998
COD A = 0,196 – 0,0998
COD A = 0,0967
Initial     FD = 9,9450           AD = 9,7490
        COD F = 0,0998-    COD A = 0,0987+

FINAL  FD  = 9,9845 M       AD = 9,846 M

 Soal 4.
4.  Panjang kapal (LBP) = 120 m dengan lebar maksimum = 15 m, terapung di laut dengan sarat depan (F) = 6,60 m dan sarat belakang (A) = 7,00 m, LCF terletak dipertengahan panjang kapal. Koefisien balok (Cb) = 0,75 dan koefisien bidang air (Cw) = 0,87. GML = 120 m. Hitunglah berapa banyak muatan lagi yang dapat dimuat dan ditempatkan dimana jika kapal akan bertolak dengan maksimum sarat = 7,00 dalam kondisi even keel.
Jawab:
Sarat Rata-rata = [6,60 + 7,00] / 2 = 6,80 M
V Displasmen = 120 x 15 x 6,80 x 0,75 x 0,87 = 7986,6 m3
Displasmen = VDis x BJ
Displasmen = 7986,6 x 1,025 = 8186. m3
TPC = Displasemen / Sarat
TPC = 8186 / 680 cm
TPC 12 t/c
Draft allowed 7,000 M
MD 6,80 M
RDraft  0.20 M = 20 cm
W = 20 x 12 T = 240 Tons

Jadi Muatan yang masi bisa di muat sebanyak 240 Tons

Penempatan muatan
MTC =[ W X GML] / 100L
MTC = [ 8186 X 120] / [100X120]
MTC = [982320/12000]
MTC = 81,86
0,40 = [240 x d] / 81.86
240d = 32,744
d = 0,136
d = 13,64 meter

Jadi Penempatan Muatan pada 13,64 meter di depan Midship

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Related post
TUGAS HARIAN METEOROLOGI SMT.8-ANT.2.EDISI-3 (CH-4)

admin

07 Feb 2024

01. Local wind is caused by differences in : a. Temperature b. Density c. Pressure d. Humidity Jawab A. Temperature 02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between : a. and 03.00 Local Time. b. 12.00 and 14.00 Local Time c. 05.00 and 07.00 Local Time d. 17.00 and 19.00 …

Soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass

admin

03 Feb 2024

Rev 05 17.05.20 Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balik Soal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass ANT – II-K P1 G11 22 BP3IP PERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan ) BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan …

Tugas Harian METEOROLOGI-SMT.8-ANT.2 EDISI-3 (Ch-5)

admin

03 Feb 2024

Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan ! 2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah …

LATIHAN SOAL MEMUAT DKKP

admin

10 May 2023

  PERHITUNGAN   FO C1 P/S Max Vol x Vol %/100 = 3759,01 x 90,5/100 = 3759,02 x 0,905 = 3.401,90 BS MUAT = t/m3 x { BS – ( DC X ( Temp – SG } = 0,8843 X { 1 – ( 0,00075 X ( 23 – 15 } = 0,8843 X { …

Surface weather chart analysis Tugas Meteorology

admin

10 May 2023

  Jawab pertanyaan di bawah berdasarkan Surface Weather Chart Analysis (perhatikan) Soal A Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Soal B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya …

Jawaban Tugas Meteorologi Chapter 7 Surface weather chart analysis

admin

10 May 2023

  JAWABAN Soal Meteorologi ch. VII. A. 1. Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Jawab : A. 1. PQ Merupakan Garis – Convergency line. Garis konvergensi yaitu pita awan yang tetap tidak bergerak dan dapat menghasilkan hujan dalam jumlah besar di area yang relatif kecil. Hujan adalah jenis cuaca yang memberi kita hujan, …

x
x