- UU NO 17 2008UNDANG UNDANG NO 17 TAHUN 2008 BAB XI SYAHBANDAR
- UNCLOSUNCLOS LAMPIRAN IX. PARTISIPASI OLEH ORGANISASI INTERNATIONAL
- UU NO 17 2008UNDANG UNDANG NO 17 TAHUN 2008 BAB VII KEPELABUHAN
- Operator radio UmumMateri ujian Operator Radio Umum Mualim SOU-M
- LATIHAN SOALLatihan dan tugas Pertemuan 10 Trim 20 Maret 2023
Jawaban Tugas Meteorologi Chapter 7 Surface weather chart analysis
JAWABAN Soal Meteorologi ch. VII.
A. 1. Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya
Jawab : A. 1.
- PQ Merupakan Garis – Convergency line.
- Garis konvergensi yaitu pita awan yang tetap tidak bergerak dan dapat menghasilkan hujan dalam jumlah besar di area yang relatif kecil.
Hujan adalah jenis cuaca yang memberi kita hujan, hujan es, salju, atau hujan es dengan cara yang hampir acak.
2. Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya
Jawab :
- RS Merupakan Garis – Warm Front
- Terbentuknya cuaca awan yang luas membawa hujan ringan, salju dan udara yang hangat.
3. Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya
Jawab :
- Garis TV Merupakan Garis – Stationary Front
- Dampak cuacanya dari fenomena ini adalah awan dan kabut akan terbentuk dan bisa juga hujan.
B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya terhadap pelayaran. 1. Di daerah 3
Jawab :
- Stabilitas udara :
Karena udara Panas (¹) bergerak menempati permukaan yg lebih Dingin (²), maka udara yang berasal dari 2 di daerah 3 mendapat Dingin dari permukaan. Sehingga di udara yang berasal dari 3 mendapat Dingin dari permukaan 3. akibatnya temperaturnya Turun dan densitynya (kerapatan udaranya) mengalami Kenaikan. Udara menjadi ringan, sehingga Uap naik ( Dry Air ).
Udara demikian disebut Stabil ( stable air).
B. Jenis awan yang terjadi : Stratiform Clouds ,Seperti ( St ), (As), (Ns)
C. Cuaca yang terjadi di daerah 3 :
Jika awan (St) dapat bagus Dalam Penglihatan atau Good visibility.
Jika Mendapatkan Cuaca Fog Atau Rain Dapat Mengurangi Batas Penglihatan/Penglihatan terbatas
- Di daerah 5
- Stabilitas udara : Karena udara dingin (¹) bergerak dan menempati permukaan yang lebih panas (²), maka udara yg berasal dari 4 di daerah 5 akan mendapat panas dari permukaan. Sehingga diudara yang berasal dari 4 mendapat panas dari permukaan 5. Mengakibatkan temperatur dan densitynya naik (kerapatan udaranya) mengalami penurunan. Udara menjadi ringan, sehingga udara naik. Udara demikian disebut labil (unstable air).
- Jenis awan yang terjadi : Karena udara berasal dari daerah 1, maka banyak mengandung uap air (moist air) dan udaranya labil (unstable air). Maka awan-awan yang terbentuk, jenisnya adalah bergumpal-gumpal, yang seperti ini disebut cumuliform clouds, yaitu terdiri awan cumulus (Cu) dan awan Cumulonimbus (Cb).
- Cuaca yang terjadi di daerah 2 :Jika awan Cumulus (Cu) dapat menimbulkan showers. Showers : adalah hujan yang berasal dari awan jenis cumulus dan sampai di permukaan bumi. Umumnya showers ini ditandai dengan hujan yang dating dan hilangnnya secara tiba-tiba. Adapun pengaruhnya terhadap pelayaran adalah jarak pandang (visibility) kurang bagus atau poor visibility.
Jika awan yang terjadi adalah awan Cumulonimbus ( Cb ) maka dapat menimbulkan badai Guntur atau thunderstorm. Thunderstorm dapat menimbulkan :
- lightning (kilat), dalam hal ini dapat mengganggu komonikasi bahkan dapat merusak peratan navigasi.
- thunderheart (Guntur).
- Gusty wind/Squall wind dapat menimbulkan sea wave dan ini mempengaruhi haluan kapat serta stabilitas kapal.
- putting beliung atau di laut disebut water spout dan jika terjadi di atas daratan disebut tornado. Water spout/ Tornado cukup membahayakan terutama bagi kapal-kapal kecil.
- Di daerah 6
- Stabilitas udara : Karena udara dingin (1) bergerak dan menempati permukaan yang lebih panas (2), maka udara yang berasal dari 4 di daerah 6 mendapat panas dari permukaan. Sehingga diudara yang berasal dari 4 mendapat panas dari permukaan 6. akibatnya temperaturnya naik dan densitynya (kerapatan udaranya) mengalami penurunan. Udara menjadi ringan, sehingga udara naik. Udara demikian disebut labil (unstable air).
- Jenis awan yang terjadi : oleh karena udara berasal dari daerah 1, maka banyak mengandung uap air (moist air) dan udaranya labil (unstable air). Maka awan-awan yang terbentuk, jenisnya adalah bergumpal-gumpal, yang seperti ini disebut cumuliform clouds, yaitu terdiri awan cumulus (Cu) dan awan Cumulonimbus (Cb).
- Cuaca yang terjadi di daerah 2 :Jika awan Cumulus (Cu) dapat menimbulkan showers.
Showers : adalah hujan yang berasal dari awan jenis cumulus dan sampai di permukaan bumi. Umumnya showers ini ditandai dengan hujan yang dating dan hilangnnya secara tiba-tiba. Adapun pengaruhnya terhadap pelayaran adalah jarak pandang (visibility) kurang bagus atau poor visibility.
Jika awan yang terjadi adalah awan Cumulonimbus ( Cb ) maka dapat menimbulkan badai Guntur atau thunderstorm. Thunderstorm dapat menimbulkan :
- lightning (kilat), dalam hal ini dapat mengganggu komonikasi bahkan dapat merusak peratan navigasi.
- thunderheart (Guntur).
- Gusty wind/Squall wind dapat menimbulkan sea wave dan ini mempengaruhi haluan kapat serta stabilitas kapal; 4) putting beliung atau di laut disebut water spout dan jika terjadi di atas daratan disebut tornado. Water spout/ Tornado cukup membahayakan terutama bagi kapal-kapal kecil.
admin
07 Feb 2024
01. Local wind is caused by differences in : a. Temperature b. Density c. Pressure d. Humidity Jawab A. Temperature 02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between : a. and 03.00 Local Time. b. 12.00 and 14.00 Local Time c. 05.00 and 07.00 Local Time d. 17.00 and 19.00 …
admin
03 Feb 2024
Rev 05 17.05.20 Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balik Soal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass ANT – II-K P1 G11 22 BP3IP PERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan ) BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan …
admin
03 Feb 2024
Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan ! 2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah …
admin
03 Feb 2024
Tugas Trim dan Stabilitas Pertemuan 10 ANT2K 2022
admin
10 May 2023
PERHITUNGAN FO C1 P/S Max Vol x Vol %/100 = 3759,01 x 90,5/100 = 3759,02 x 0,905 = 3.401,90 BS MUAT = t/m3 x { BS – ( DC X ( Temp – SG } = 0,8843 X { 1 – ( 0,00075 X ( 23 – 15 } = 0,8843 X { …
admin
10 May 2023
Jawab pertanyaan di bawah berdasarkan Surface Weather Chart Analysis (perhatikan) Soal A Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Soal B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya …
13 Feb 2024 590 views
CHAPTER III Life-saving appliances and arrangements PART A-GENERAL Regulation 1 Application 1 Unless expressly provided otherwise, this chapter shall apply to ships the keels of which are laid or which are at a similar stage of construction on or after 1 July 1998. 2 For the purpose of this chapter the term a similar …
26 Mar 2023 191 views
SOLAS 1974 CHAPTER XI-2 SPECIAL MEASURES TO ENHANCE MARITIME SECURITY Regulation 1 Definitions 1. For the purpose of this chapter, unless expressly provided otherwise: 1. Bulk carrier means a bulk carrier as defined in regulation IX/1.6. “Bulk carrier means a bulk carrier as defined in regulation IX/1.6. ADFINES NORTH This …
22 Aug 2023 141 views
Beberapa Materi yang akan di uji dalam kaitannya dengan ujian negara untuk mendapatkan sertifikat Operator radio umum Mualim REOR diantaranya: Bahasa Inggris GMDSS Peraturan Radio Perjanjian Internasional Servis Dokumen Tekhnik Radio Telephony Radio Ujian Operator radio umum Mualim terdiri dari Ujian praktek dan teori Untuk ujian Praktek akan di selenggarakan oleh lembaga diklat dengan beberapa …
11 May 2023 118 views
What is “cargo plan”. When applied to a ships A discussion between the shore and ship to plan the procedure for loading cargo Notices to marine _________ carefully and regularly to avoid grounding Should be studied Wreck sand rock are not easily _________ by the signal Detected To help the preparations to leave the …
03 Feb 2024 110 views
Bagian ini akan menjadi sesi tanya jawab, menggunakan model, papan magnetik dan situasi real-time berbasis komputer atau simulator. Trainee harus sudah benar-benar memahami COLREGS dan aplikasinya, jadi sesi ini akan menjadi keperluan revisi dan konsolidasi. Jawaban “panggil Nakhoda” tentu saja tidak lagi tersedia bagi mereka. Perhatian peserta pelatihan harus diarahkan pada kasus tubrukan dan putusan …
11 May 2023 110 views
Berthing 1. General .1. Is/are the propeller(s) clear?.1.1. Yes, the propeller(s) is/are clear..1.2. No, the propeller(s) is/are not clear..1.3. Keep the propeller(s) clear. .2. Are fenders on the berth? .2.1. Yes, fenders are on the berth..2.2. No, fenders are not on the berth..3. Have fenders ready fore and aft. .2. Berthing.1. We will berth …
Comments are not available at the moment.