- UU NO 17 2008UNDANG – UNDANG NO 17 TAHUN 2008 BAB II ASAS DAN TUJUAN
- LATIHAN SOALSurface weather chart analysis Tugas Meteorology
- UU NO 17 2008UNDANG UNDANG NO 17 TAHUN 2008 BAB XI SYAHBANDAR
- KOMPAS MAGNET DAN GYRO COMPASSEssay Soal dan jawab Kompas dan Sistem kemudi ANT2K
- MARITIME ENGLISHNavigation Reading Watchkeeping OnBoard
TUGAS HARIAN METEOROLOGI SMT.8-ANT.2.EDISI-3 (CH-4)
01. Local wind is caused by differences in :
a. Temperature
b. Density
c. Pressure
d. Humidity
Jawab A. Temperature
02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between :
a. and 03.00 Local Time.
b. 12.00 and 14.00 Local Time
c. 05.00 and 07.00 Local Time
d. 17.00 and 19.00 Local Time
Jawab B 12.00 and 14.00 Local Time
03. The surface wind at Tanjung – Priok at 12:00 Local Time is the wind at
a. 7 meters above the ground
b. 13 meters above the ground
c. 10 meters above the ground
d. Between 7 meters and 13 meters
Jawab 10 meters above the ground
04. Vertical current over island during summer afternoon will be :
a. Updraft
b. Downdraft
c. Updraft and Downdraf
d. Neutral
Jawab A. Updraft
05. The wind that flows down mountain slopes at night due to cooling is called :
a. Anabatic wind
b. Katabatic wind
c. Gusty wind
d. Land breeze
Jawab B. Katabatic wind
06. The wind that flows up mountain slopes by day due to heating is called:
a. Anabatic wind
b. Katabatic wind
c. Gusty wind
d. Land breeze
Jawab A. Anabatic wind
07. Downslope winds are usually :
a. Stronger than upslope winds due to the force of pressure
b. Stronger than upslope winds due to the force of gravity
c. Weaker than upslope winds due to the force of pressure
d. Weaker than upslope winds due to the force of gravity
Jawab B. Stronger than upslope winds due to the force of gravity
08. Speed of sea breeze between :
a. 3 knots and 5 knots
b. 7.8 knots and 19.6 knots
c. 3 knots and 7 knots
d. 5.8 knots and 13.5 knots
Jawab B. 7.8 knots and 19.6 knots
09. Speed of land breeze between :
a. 3 knots and 5 knots
b. 7.8 knots and 19.6 knots
c. 3 knots and 7 knots
d. 5.8 knots and 13.5 knots
Jawab D. 5.8 knots and 13.5 knots
10. Speed of sea breeze between :
a. 3 knots and 5 knots
b. 7.8 knots and 19.6 knots 0
c. 3 knots and 7 knots
d. 5.8 knots and 13.5 knots
Jawab. 7.8 knots and 19.6 knots
11. A line drawn on a chart joining places having the same wind direction at the same level and at the same time is:
A. An isobar
b. an isotherm
c. an isogone
d. an isovel / isotach
TUGAS
B. essay
1. Jelaskan apa yang menyebabkan sea breeze lebih kencang dari pada land breeze !
Jawab 1.
Perbedaan temperature di siang hari lebih besar dari malam hari sehingga mengakibatkan sea breeze di siang hari lebih besar di banding land breeze pada malam ahari.
2. Jelaskan apa yang menyebabkan katabatic wind lebih kencang dari pada anabatic wind !
Jawab 2.
Udara yang lebih dingin di dekat tanah yang meluncur menuruni lereng di bawah aksi gravitasi yang benar-benar mengalir ke dasar lereng disebut Katabatic Breeze jelasnya udara mengalir searah dengan gravitasi bumi sehingga Katabatik lebih kuat dari anabatik
3. Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan !
Jawab 3.
Faktor yang mempengaruhi terbentuknya angin katabatik antara lain:
- Tingkat pendinginan yang terjadi di sepanjang lereng. Semakin dingin permukaan lereng maka potensi untuk terbentuknya angin semakin besar.
- Kekasaran lereng juga mempengaruhi terbentuknya angin katabatik sebab semakin halus suatu lereng, maka potensi terbentuknya angin semakin besar dan kuat sebab tidak ada yang menghalanginya..
- Tingkat kecuraman lereng menjadi pengaruh terbentuknya angin katabatik. Semakin curam suatu lereng, maka semakin besar pula kemungkinan terbentuknya angin gunung dan bercampur dengan udara netral yang berada di sekitarnya.
4. Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar.
a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind
Jawab 4 a.
Angin ke arah Barat dengan kecepatan 19.6 knot atau 10 m/sec
b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami.
Jawab 4 b.
H = ( 70 % ) 0,0212 V² = ( 70% ) 0,0212 (10)²
H = 70%(2.12)
H = 1.48 m dengan sea wave dari arah Utara h= 1.5 m
5. Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Cilacap.
a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind
Jawab 5. a.
Arah angin dari Barat ke timur dengan kekuatan 19.6 knot atau 10 m/sec
b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami.
Jawab 5. B.
H = ( 70 % ) 0,0212 V² = ( 70% ) 0,0212 (10)² m
H = 60%(2.12)
H = 1.27 m dengan sea wave dari selatan h= 1,3 m
admin
03 Feb 2024
Rev 05 17.05.20 Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balik Soal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass ANT – II-K P1 G11 22 BP3IP PERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan ) BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan …
admin
03 Feb 2024
Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan ! 2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah …
admin
03 Feb 2024
Tugas Trim dan Stabilitas Pertemuan 10 ANT2K 2022
admin
10 May 2023
PERHITUNGAN FO C1 P/S Max Vol x Vol %/100 = 3759,01 x 90,5/100 = 3759,02 x 0,905 = 3.401,90 BS MUAT = t/m3 x { BS – ( DC X ( Temp – SG } = 0,8843 X { 1 – ( 0,00075 X ( 23 – 15 } = 0,8843 X { …
admin
10 May 2023
Jawab pertanyaan di bawah berdasarkan Surface Weather Chart Analysis (perhatikan) Soal A Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Soal B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya …
admin
10 May 2023
JAWABAN Soal Meteorologi ch. VII. A. 1. Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Jawab : A. 1. PQ Merupakan Garis – Convergency line. Garis konvergensi yaitu pita awan yang tetap tidak bergerak dan dapat menghasilkan hujan dalam jumlah besar di area yang relatif kecil. Hujan adalah jenis cuaca yang memberi kita hujan, …
13 Feb 2024 587 views
CHAPTER III Life-saving appliances and arrangements PART A-GENERAL Regulation 1 Application 1 Unless expressly provided otherwise, this chapter shall apply to ships the keels of which are laid or which are at a similar stage of construction on or after 1 July 1998. 2 For the purpose of this chapter the term a similar …
26 Mar 2023 188 views
SOLAS 1974 CHAPTER XI-2 SPECIAL MEASURES TO ENHANCE MARITIME SECURITY Regulation 1 Definitions 1. For the purpose of this chapter, unless expressly provided otherwise: 1. Bulk carrier means a bulk carrier as defined in regulation IX/1.6. “Bulk carrier means a bulk carrier as defined in regulation IX/1.6. ADFINES NORTH This …
22 Aug 2023 139 views
Beberapa Materi yang akan di uji dalam kaitannya dengan ujian negara untuk mendapatkan sertifikat Operator radio umum Mualim REOR diantaranya: Bahasa Inggris GMDSS Peraturan Radio Perjanjian Internasional Servis Dokumen Tekhnik Radio Telephony Radio Ujian Operator radio umum Mualim terdiri dari Ujian praktek dan teori Untuk ujian Praktek akan di selenggarakan oleh lembaga diklat dengan beberapa …
11 May 2023 115 views
What is “cargo plan”. When applied to a ships A discussion between the shore and ship to plan the procedure for loading cargo Notices to marine _________ carefully and regularly to avoid grounding Should be studied Wreck sand rock are not easily _________ by the signal Detected To help the preparations to leave the …
03 Feb 2024 108 views
Bagian ini akan menjadi sesi tanya jawab, menggunakan model, papan magnetik dan situasi real-time berbasis komputer atau simulator. Trainee harus sudah benar-benar memahami COLREGS dan aplikasinya, jadi sesi ini akan menjadi keperluan revisi dan konsolidasi. Jawaban “panggil Nakhoda” tentu saja tidak lagi tersedia bagi mereka. Perhatian peserta pelatihan harus diarahkan pada kasus tubrukan dan putusan …
11 May 2023 108 views
Berthing 1. General .1. Is/are the propeller(s) clear?.1.1. Yes, the propeller(s) is/are clear..1.2. No, the propeller(s) is/are not clear..1.3. Keep the propeller(s) clear. .2. Are fenders on the berth? .2.1. Yes, fenders are on the berth..2.2. No, fenders are not on the berth..3. Have fenders ready fore and aft. .2. Berthing.1. We will berth …
Comments are not available at the moment.