Latihan dan tugas Pertemuan 10 Trim 20 Maret 2023
Soal 1
- Sebuah kapal dengan data-data sebagai berikut:
LBP = 110 m sarat depan F = 5,000 m dan sarat belakang A = 5,000 m LCF = 1,5 m [di depan tengan-tengah kapal] MTC = 120 t-m
Hitunglah:
- Berapa ton ballast yang harus di pindahkan dari tk IV yang jaraknya 60 meter jika trim yang di inginkan menjadi 0,3 meter
- Berapa Sarat akhir depan dan belakang
Penyelesaian
- Diketahui
LBP = 110
FD = 5,000 m
AD = 5,000 m
mtc = 120 t-m
LCF (A) = 1,5 m
Ditanya:
w = ?
FD = ?
AD = ?
dimana:
d = 6o m
Trim = 0,3 m
Jawab:
a). Air Ballast yang harus di pindahkan (w) agar trim menjadi 0,3 meter
COT = [w x d] / mtc
0,3 = [w X 60] / 120
60w = 30 x 120
w = 60 Tons
Jadi Air ballast yang harus di pindahkan adalah 60 tons
b). Final Draft
COD F = [53,5/110] x 0,3
COD F = 0,1459
COD A = 0,3 – 0,1459
COD A = 0,1540
Initial FD = 5,0000 m AD = 5,0000 m
COD F = 0,1459 – COD A = 0,1540 +
Final FD = 4,854 m AD = 5,154 M
Soal 2.
2. Sebuah kapal dengan panjang =130 m sarat depan F = 5,50 m sarat belakang A = 5,40 m LCF = 2 m di belakang tengah-tengah kapal dan MTC =m 210 t-m. Hitung sarat baru depan dan belakang, jika bahan bakar sebanyak 110 tons di pindahkan ke belakang sejauh 40 meter?
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 130 m
FD = 5,5000 m
AD = 5,4000 m
LCF = 2 m (A)
MTC = 210 t-m
w = 110
d = 40 m
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
COT = [110 x 40]/210
COT = 20,95 cm = 0,2095 m
COD F = [67/130] x 0,2095
COD F = 0,1080
COD A = 0,2095 – 0,1080
COD A = 0,1015
Initial FD = 5,5000 AD = 5,4000
COD F = 0,1080 – COD A = 0,1015 +
Final FD = 5,392 m AD = 5,5015 M
Soal 3.
3. Panjang kapal diketahu = 90 m sarat depan F = 5.0000 m dan sarat belakang A = 5,000 m LCF terletak 1,5 meter di belakang tengah-tengah kapal TPC = 10 t/c dan MTC = 120 t-m. Hitung Sarat barunya bila mengisi bahan bakar sebanyak 250 tons yang di tempatkan pada tanki yang titik beratnya 14 meter di belakang tengah-tengah kapal.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 90 m
FD = 5,0000 m
AD = 5,0000 m
LCF = 1,5 m (A)
MTC = 120 t-m
TPC 10 t/c
w = 250
d = 14 m (A)
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
COT = [250 x 14]/120
COT = 29,17 cm = 0,2917 m
COD F = [46,5/90] x 0,2917
COD F = 0,1507
COD A = 0,2917 – 0,1507
COD A = 0,1410
Sinkage = Bobot mauatan yang di tambahkan / TPC
Sinkage = 250 / 10 = 25 cm
Sinkage = 0,25 m
Initial FD = 5,000 AD = 5,000
Sinkage = 0,25 m Sinkage = 0,25 m
COD F = 0,1507 – COD A = 0,1410 +
Final FD = 5,099 m AD = 5,391 M
Soal 4.
4. Panjang kapal di ketahui = 100 meters sarat depan F = 3,000 m sarat belakang A = 4.300 TPC = 10 t/m dan MTC = 120 t-m LCF terletak 3,000 m di belakang tengah – tengah kapal. Selanjutnya kapal mengisi bahan bakar sebanyak 80 tons pada tk,II yang titik beraftnya terletak pada 24 meter di depan tengah – tengah kapal dan membuang ballast sebanyak 40 tons dari tk.IV (C) yang titik beratnya terletak 12 meter di belakang tengah – tengah kapal.
Hitung sarat baru depan dan belakang setelah kegiatan tersebut?
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 100 m
FD = 3,000 m
AD = 4,300 m
LCF = 3 m (A)
MTC = 120 t-m
TPC 10 t/c
w1 + = 80
d = 24 m (F)
w2 – = 40
d = 12 m (A)
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
Sinkage = 40/10 = 4 cm = 0,04 m
COT1 = [80 x 24]/120
COT1 = 16 cm = 0,16 m
COD F1 = [53/100] x 0,16
COD F1 = 0,0848
COD A1 = 0,16 – 0,0848
COD A1 = 0,0752
COT 2= [40 x 12]/120
COT 2= 4 cm = 0,04 m
COD F2 = [53/100] x 0,04
COD F2 = 0,212
COD A2 = 0,04 – 0,0212
COD A2 = 0,0188
Initial FD = 3,000 AD = 4,300
Sinkage = 0,040 m Sinkage = 0,040 m
COD F1 = 0,0848 + COD A1 = 0,0752 –
COD F2 = 0,0212 + COD A 2= 0,0188 –
Final FD = 3,146 m AD = 4,246 M
Soal 5.
5. Panjang sebuah kapal = 120 m mengapung dalam keadaan tegak even keel dengan sarat = 4,500 m LCF terletak 1,60 m di belakang tengah – tengah kapal TPC = 10 t/m3 MTC = 180 t-m. Kapal mengisi bahan bakar sebanyak = 200 tons pada tk.IV yang titik beratnya 28 meter di belakang tengah – tengah kapal.
Hitung sarat baru kapal setelah selesai mengisi bahan bakar?
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 120 m
FD = 4,500 m
AD = 4,500 m
LCF = 1,60 m (A)
MTC = 180 t-m
TPC 10 t/c
w1 + = 200 tons
d = 28 m (A)
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
Sinkage = 200/10 = 2 cm = 0,20 m
COT = [200 x 28]/180
COT = 31,11 cm = 0, m3111
COD F = [61,6/120] x 0,3111
COD F = 0,1623
COD A = 0,3111 – 0,1597
COD A = 0,1514
Initial FD = 4,500 AD = 4,500
Sinkage = 0,20 m Sinkage = 0,20 m
COD F2 = 0,1597 – COD A 2= 0,1514 +
Final FD = 4,540 m AD = 4,851 M
Soal 6.
6. Sebuah kapal akan memasuki pelabuhan memiliki sarat depan F= 11.20 m dan sarat belakang A = 12 m Jika di inginkan untuk memasuki pelabuhan dengan sarat even keel. Hitunglah ballast yang harus di pindahkan dari tanki dasar berganda yang memiliki LCG = 80 di depan AP ke tanki Fore peak yang memiliki LCG = 195 di depan AP MTC = 210 t-m LCF terletak 95 m di depan AP, Panjang kapal = 200 meter.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 200 m
FD = 11,200 m
AD = 12,00 m
LCF = 5 m (A)
MTC = 210 t-m
w – = ? tons
d1 = 95 – 80 = 15 meter
d2 = 195 – 95 = 100 meter
d = d2 – d1 = 100 – 15 = 85 m (F)
Ditanya: Barapa banyak Ballast yang harus di pindahkan?
Jawab:
Trim = 12,000 – 11,200 = 0,8000 meters = 80 cm
80 = [w x 85] / 210
85w = 0.80 x 210
85w = 16800
w = [16800/85] = 197.6 Ton
Jadi Ballast yang harus di pindahkan adalah 224 Ton
Soal 7.
7. Sebuah kapal akan memasuki sungai dimana kedalaman pada ambang sungai yang di maksud deep = 9,20 meters Under keel clearan (UKC) kapal minimum = 0.5 m. sarat kapal saat ini depan F = 8,400 m dan belakang A = 9,00 m MTC = 125 t-m TPC 25 t/cm. Panjang kapal = 220 meter LCF terletak pada pertengahan panjang kapal. Hitung berapa banyak air ballast yang harus di buang dari tanki After peak tank yang memiliki LCG = 7 m di depan AP.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 220 m
FD = 8,400 m
AD = 9,000 m
LCF = 0 m (A)
MTC = 125 t-m
TPC 25 t/c
w = ? tons
d = 110 – 7 = 103 m (A)
Ditanya: Berapa ballast yang harus di buang
Jawab:
Draft Allowed = 9,20 – 0,5 = 8,70 meter
Draft rata- rata = [8,400 + 9,00] / 2 = 8,70 meter
COT = [w x d]/ MTC
60 = [w x 103] / 125
103 w = 7500
w = 72.81 tons
Jika ingin membuang ballast maka yang harus di buang adalah 72,81 Ton
Soal 8.
8. Panjang kapal LBP = 191,06 dengan sarat depan F = 9,945 m dan sarat belakang A = 9.749 m LCF (+) 1,22 m (abaft of midship) MTC = 608,7 t-m. Kapal harus bertolak dengan kondidi even keel. Tentukan berapa ton air ballast yang harus di pindahkan dari tk.no. I (c) ke tk. no. IV (c) dengan jarak geser LCG Tk. I s/d Tk. no IV = 101,08 meter dan berapa sarat even keel tersebut.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 191,06 m
FD = 9,945 m
AD = 9.749 m
LCF = 1,60 m (A)
MTC = 180 t-m
TPC 10 t/c
w1 + = 200 tons
d = 28 m (A)
Ditanya: Berapa Ballast yang harus di pindahkan ?
Jawab:
Trim = 9,945 – 9,749 = 0,196 M = 19,6 cm
COT = (w x d) / MTC
19,6 = (w x 101,08) / 608,7
101,08w = 11930,52
W = 118 Ton
Jadi air ballast yang harus di pindahkan adalah 118 Ton
Dan Sarat Even keel nya adalah
COT = (118 x 101,08) / 608
COT = 19,6175 cm atau 0,196
COD F = [96,75 / 191,06] x 0,196
COD F = 0,0998
COD A = 0,196 – 0,0998
COD A = 0,0967
Initial FD = 9,9450 AD = 9,7490
COD F = 0,0998- COD A = 0,0987+
FINAL FD = 9,9845 M AD = 9,846 M
admin
07 Feb 2024
01. Local wind is caused by differences in : a. Temperature b. Density c. Pressure d. Humidity Jawab A. Temperature 02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between : a. and 03.00 Local Time. b. 12.00 and 14.00 Local Time c. 05.00 and 07.00 Local Time d. 17.00 and 19.00 …
admin
03 Feb 2024
Rev 05 17.05.20 Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balik Soal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass ANT – II-K P1 G11 22 BP3IP PERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan ) BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan …
admin
03 Feb 2024
Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan ! 2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah …
admin
03 Feb 2024
Tugas Trim dan Stabilitas Pertemuan 10 ANT2K 2022
admin
10 May 2023
PERHITUNGAN FO C1 P/S Max Vol x Vol %/100 = 3759,01 x 90,5/100 = 3759,02 x 0,905 = 3.401,90 BS MUAT = t/m3 x { BS – ( DC X ( Temp – SG } = 0,8843 X { 1 – ( 0,00075 X ( 23 – 15 } = 0,8843 X { …
admin
10 May 2023
Jawab pertanyaan di bawah berdasarkan Surface Weather Chart Analysis (perhatikan) Soal A Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Soal B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya …
13 Feb 2024 573 views
CHAPTER III Life-saving appliances and arrangements PART A-GENERAL Regulation 1 Application 1 Unless expressly provided otherwise, this chapter shall apply to ships the keels of which are laid or which are at a similar stage of construction on or after 1 July 1998. 2 For the purpose of this chapter the term a similar …
26 Mar 2023 176 views
SOLAS 1974 CHAPTER XI-2 SPECIAL MEASURES TO ENHANCE MARITIME SECURITY Regulation 1 Definitions 1. For the purpose of this chapter, unless expressly provided otherwise: 1. Bulk carrier means a bulk carrier as defined in regulation IX/1.6. “Bulk carrier means a bulk carrier as defined in regulation IX/1.6. ADFINES NORTH This …
22 Aug 2023 130 views
Beberapa Materi yang akan di uji dalam kaitannya dengan ujian negara untuk mendapatkan sertifikat Operator radio umum Mualim REOR diantaranya: Bahasa Inggris GMDSS Peraturan Radio Perjanjian Internasional Servis Dokumen Tekhnik Radio Telephony Radio Ujian Operator radio umum Mualim terdiri dari Ujian praktek dan teori Untuk ujian Praktek akan di selenggarakan oleh lembaga diklat dengan beberapa …
11 May 2023 100 views
What is “cargo plan”. When applied to a ships A discussion between the shore and ship to plan the procedure for loading cargo Notices to marine _________ carefully and regularly to avoid grounding Should be studied Wreck sand rock are not easily _________ by the signal Detected To help the preparations to leave the …
03 Feb 2024 98 views
Bagian ini akan menjadi sesi tanya jawab, menggunakan model, papan magnetik dan situasi real-time berbasis komputer atau simulator. Trainee harus sudah benar-benar memahami COLREGS dan aplikasinya, jadi sesi ini akan menjadi keperluan revisi dan konsolidasi. Jawaban “panggil Nakhoda” tentu saja tidak lagi tersedia bagi mereka. Perhatian peserta pelatihan harus diarahkan pada kasus tubrukan dan putusan …
11 May 2023 98 views
Berthing 1. General .1. Is/are the propeller(s) clear?.1.1. Yes, the propeller(s) is/are clear..1.2. No, the propeller(s) is/are not clear..1.3. Keep the propeller(s) clear. .2. Are fenders on the berth? .2.1. Yes, fenders are on the berth..2.2. No, fenders are not on the berth..3. Have fenders ready fore and aft. .2. Berthing.1. We will berth …
Comments are not available at the moment.