Soal Tugas METEOROLOGI (P) N.8 – ANT2K 2022 Chapter – 12
CHAPTER XII
SURFACE WEATHER CHART ANALYSIS
DAN
PHOTO SATELLITE
(PELAJARI DARI TEORI & DARI INTERNET)
Pertanyaan : Surface Weather Chart Analysis (
Gambar 1 )
- Keberadaan Tropical Cyclone
“Veronica” & Tropical Cyclone “Trevor” sesuai dengan teori atau tidak
? Buktikan ! - Pusat dari High pressure dengan
pusat Low pressure, apakah Low pressure selalu lebih rendah dari High
pressure ? Jelaskan.
Pertanyaan : Surface Weather Chart Analysis (
Gambar 2 )
3. Di
gambar 2 di atas, terdapat simbul/tanda (a) warna merah (setengah lingkaran) –
biru (segitiga lancip) & (b) ada warna biru (segitiga lancip) saja.
jelaskan symbol tersebut merupakan simbul apa ? Jelaskan pula pergerakan &
cuaca pd symbol tersebut.
4.
Jelaskan kharakteristik dari Tropical Cyclone “Savannah” & “Trevor”, serta
gerakannya ke mana & apa yang menyebabkan pergerakannya tersebut.
5. Garis biru putus-putus pada gambar 3,
merupakan garis apa ? Dan bagaimana cuacanya ?
- Di A anginnya dari arah mana, beri
argumentasi - Angin di G dari arah mana, beri
argumentasi. - Kecepatan angin antara di A dan G lebih
kencang mana dan apa penyebabnya. Beri argumentasi. - C merupakan front apa dan bergerak ke
mana. - Berapa tekanan udara di F
====JAWABAN AGAR DI
KIRIM KE : [email protected]
====
PENYELESAIAN
Penyelesaian
- Keberadaan
Tropical Cyclone “Veronica” & Tropical Cyclone “Trevor” sesuai dengan
teori atau tidak ? Buktikan !
- Pada tgl 20 Maret 2019, posisi
Tropical Cyclone “Veronica” berada di 15° Lintang Selatan dan posisi
Tropical Cyclone “Trevor” berada di 13° Lintang Selatan. Berarti awal
terjadinya pasti di bawah lintang 15° Lintang Selatan - Sekarang mencari posisi semu
matahari pada tgl 20 Maret, berarti posisi semu matahari berada di 0,255°
S - Kemudian mencari daerah cuaca
buruk :
1). Tercepat : Posisi Matahari + 28 hari (0,255°/hari) = 7,39°S = 7,4°S
2). Paling lambat : Posisi matahari + 91 hari (0,255°/hari) = 23,5° S
3). Maka kemungkinan awal terjadi Tropical Cyclone “Veronica” & Tropical
Cyclone “Trevor” berada di antara 7,4°S
dan 23,5° S4). Sedangkan posisi Tropical Cyclone “Veronica” berada di 15° Lintang
Selatan dan posisi Tropical Cyclone “Trevor” berada di 13° , maka ke dua
Tropical Cyclone tersebut sesuai dengan teori.
Jawab no. 2
- Pusat dari High pressure dengan
pusat Low pressure, apakah Low pressure selalu lebih rendah dari High
pressure ? Belum tentu, jawabannya adalah relative.
- Dikatakan Low pressure, jika
tekanan udara di pusatnya lebih rendah dari daerah sekitarnya atau makin
menjauhi pusatnya, tekanan udara mengalami kenaikan. Dan - Dikatakan High pressure, jika
tekanan udara di pusatnya lebih tinggi dari daerah sekitarnya atau makin
menjauhi pusatnya, tekanan udara mengalami penurunan.
3. Di
gambar 2 di atas, terdapat simbul/tanda
a. warna
merah (setengah lingkaran) – biru (segitiga lancip) dan posisinya berlawanan:
adalah menunjukan stationary front atau disebut juga quasi-stationary
front. Boleh dikatakan front tersebut hampir tidak bergerak atau
bergerak secara lambat. Cuacanya buruk.
b. Warna
biru (segitiga lancip) saja, garis tersebut merupakan lambang dari cold
front (front dingin). Oleh karena front tersebur berada di antara lintang
30° – 60° maka front tersebut bergerak ke timur (karena berada di daerah
westerly wind). Adapun cuacanya umumnya adalah thunderstorm dan atau
showers.
Jawab no. 4
4.
Kharakteristik dari Tropical Cyclone “Savannah” & “Trevor” :
- Pressure di pusatnya sudah jauh
di bawah 1000 mb - Maximum wind speed near center
65 knots atau lebih - Pusatnya atau eye semakin jelas
:
1)
Diameternya : 50 km – 100 km, atau rata-rata 27 NM2)
Temperaturnya tinggi3)
Jumlah awannya umumnya kurang dari 3/8 ( kurang dari 3 oktas )4)
Light wind ( kecepatan anginnya kurang dari 10 knots)5)
Tidak ada awan Cumulonimbus6)
No precipitaion
- Gerakannya ke West-South-West,
karena gerakannya dipengaruhi oleh Global wind ( karena berada di bawah lintang 30° S )
dan gaya Coriolis (yaitu mencari gaya Coriolis yang lebih besar, berarti
mencari lintang yang lebih besar)
Jawab no. 5
5. Garis
biru putus-putus pada gambar 3 adalah merupakan Trough, Trough : adalah
daerah Low pressure yng menonjol keluar atau garis yang menghubungkan pusat2
Low pressure atau daerah yang mempunyai pressure lebih rendah dari daerah
sekitarnya. Dan cuacanya buruk/thunderstorm.
6. Di A anginnya dari arah South-East , karena posisi A berada di sekitar High pressure yang berada di belahan Bumi Selatan. Adapun sirkulasi angin High pressure di Selatan equator adalah counter clockwise.
Jawab no. 7
7. Angin di G dari arah North-West , karena posisi G berada di sekitar High pressure yang berada di belahan Bumi Selatan. Adapun sirkulasi angin High pressure di Selatan equator adalah counter clockwise.
Jawab no. 8
8. Kecepatan angin antara di A dan G lebih kencang di G, karena di G jarak antar isobarnya lebih rapat dari pada di A. sehingga pressure garadient force di G lebih besar dan ini menyebabkan kecepatan angina di G lebih kencang dari pada di A.
Jawab no. 9
9. C merupakan cold front dan bergerak ke arah Timur
Jawab no. 10
10. Tekanan udara di F = (𝟏𝟎𝟏𝟔 −𝟏𝟎𝟏𝟐)/𝟐 = 1014 mb
Catatan : selisih isobar jika tidak 2 mb, 4 bm, 8 mb, dst
By M. Hari
admin
07 Feb 2024
01. Local wind is caused by differences in : a. Temperature b. Density c. Pressure d. Humidity Jawab A. Temperature 02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between : a. and 03.00 Local Time. b. 12.00 and 14.00 Local Time c. 05.00 and 07.00 Local Time d. 17.00 and 19.00 …
admin
03 Feb 2024
Rev 05 17.05.20 Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balik Soal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass ANT – II-K P1 G11 22 BP3IP PERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan ) BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan …
admin
03 Feb 2024
Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan ! 2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah …
admin
03 Feb 2024
Tugas Trim dan Stabilitas Pertemuan 10 ANT2K 2022
admin
10 May 2023
PERHITUNGAN FO C1 P/S Max Vol x Vol %/100 = 3759,01 x 90,5/100 = 3759,02 x 0,905 = 3.401,90 BS MUAT = t/m3 x { BS – ( DC X ( Temp – SG } = 0,8843 X { 1 – ( 0,00075 X ( 23 – 15 } = 0,8843 X { …
admin
10 May 2023
Jawab pertanyaan di bawah berdasarkan Surface Weather Chart Analysis (perhatikan) Soal A Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Soal B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya …
13 Feb 2024 568 views
CHAPTER III Life-saving appliances and arrangements PART A-GENERAL Regulation 1 Application 1 Unless expressly provided otherwise, this chapter shall apply to ships the keels of which are laid or which are at a similar stage of construction on or after 1 July 1998. 2 For the purpose of this chapter the term a similar …
26 Mar 2023 171 views
SOLAS 1974 CHAPTER XI-2 SPECIAL MEASURES TO ENHANCE MARITIME SECURITY Regulation 1 Definitions 1. For the purpose of this chapter, unless expressly provided otherwise: 1. Bulk carrier means a bulk carrier as defined in regulation IX/1.6. “Bulk carrier means a bulk carrier as defined in regulation IX/1.6. ADFINES NORTH This …
22 Aug 2023 124 views
Beberapa Materi yang akan di uji dalam kaitannya dengan ujian negara untuk mendapatkan sertifikat Operator radio umum Mualim REOR diantaranya: Bahasa Inggris GMDSS Peraturan Radio Perjanjian Internasional Servis Dokumen Tekhnik Radio Telephony Radio Ujian Operator radio umum Mualim terdiri dari Ujian praktek dan teori Untuk ujian Praktek akan di selenggarakan oleh lembaga diklat dengan beberapa …
03 Feb 2024 93 views
Bagian ini akan menjadi sesi tanya jawab, menggunakan model, papan magnetik dan situasi real-time berbasis komputer atau simulator. Trainee harus sudah benar-benar memahami COLREGS dan aplikasinya, jadi sesi ini akan menjadi keperluan revisi dan konsolidasi. Jawaban “panggil Nakhoda” tentu saja tidak lagi tersedia bagi mereka. Perhatian peserta pelatihan harus diarahkan pada kasus tubrukan dan putusan …
11 May 2023 93 views
Berthing 1. General .1. Is/are the propeller(s) clear?.1.1. Yes, the propeller(s) is/are clear..1.2. No, the propeller(s) is/are not clear..1.3. Keep the propeller(s) clear. .2. Are fenders on the berth? .2.1. Yes, fenders are on the berth..2.2. No, fenders are not on the berth..3. Have fenders ready fore and aft. .2. Berthing.1. We will berth …
11 May 2023 92 views
What is “cargo plan”. When applied to a ships A discussion between the shore and ship to plan the procedure for loading cargo Notices to marine _________ carefully and regularly to avoid grounding Should be studied Wreck sand rock are not easily _________ by the signal Detected To help the preparations to leave the …
Comments are not available at the moment.