Home » Contoh Soal Ujian ORU » Test PERJANJIAN INTERNASIONAL

Test PERJANJIAN INTERNASIONAL

Namakuzo 25 Aug 2023 19

 

                                            MATA
UJIAN               :        PERJANJIAN INTERNASIONAL

PILIHAN GANDA

Pilih salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara
memberi tanda silang pada lembar jawaban yang telah disediakan

I.        International
Telecommunication Convention (ITC)

1.    
Apabila ada gangguan
merugikan(Harmful interference), dapat membahayakan :

a.     Fungsi layanan Radio Navigasi, layanan keselamatan,
operasi komunikasi radio yang resmi, dan komunikasi radio pada band frekuensi
yang tidak sesuai peruntukannya.

b.     Layanan keselamatan,
korespondensi publik, dan dinas siaran.

c.     Layanan operasi
komunikasi radio yang resmi, dan operasi komunikasi antar penduduk.

d.     Fungsi layanan Radio
Navigasi, layanan keselamatan lainnya, dan operasi komunikasi radio yang resmi.

2.     Dalam hal pemberitahuan
pelanggaran terhadap ketentuan konstitusi,konvensi dan peraturan Administrasi,
maka Negara Anggota satu sama lain berusaha :

a.     Memarahi.

b.     Memberikan sanksi.

c.     Menegur dan memberikan sanksi.

d.     Menginformasikan dan membantu.

3.     Dalam komposisi tarif
akuntansi Internasional jasa telekomunikasi dan dalam pembentukan rekening
internasional tidak menggunakan mata uang emas Perancis.

Pernyataan ini adalah :

a.     Salah seharusnya Dolar Singapore.

b.     Benar biasanya menggunakan mata uang Negara anggota
masing-masing.

c.     Salah tetapi menggunakan mata uang Gold Franc.

d.     Benar menggunakan mata uang Gold Franc.

4.    
Tindakan suatu Negara
anggota untuk menghentikan dan memutuskan transmisi dari setiap telegram
swasta, sesuai hukum nasional mereka apabila terjadi ?

a.     Berita yang nampak membahayakan keamanan Negara atau
bertentangan dengan hukum, ketertiban umum atau kesusilaan.

b.     Berita yang berkaitan
dengan keselamatan jiwa.

c.     Berita yang berkaitan
dengan kerjasama antara Negara anggota.

d.     Berita yang melanggar hukum pidana.

5.    
Kapal yang berlayar di
wilayah A1 dan A2,sebagai tambahan kapal harus mampu juga mengirim dan menerima
komunikasi-komunikasi radio umum dengan menggunakan radio telepon dan NBDP pada
frekuensi-frekuensi :

a.     Antara 1605 kHz dan 4000
kHz, dan antara 4000 mHz dan 27500 mHz.

b.     Antara 1605 kHz dan 4000
kHz, dan antara 4000 kHz dan 27500 kHz.

c.     Antara 1605 kHz dan 4000
kHz, dan antara 4000 Hz dan 27500 Hz.

d.     Antara 1505 kHz dan 4000
kHz, dan antara 4000 kHz dan 27500 kHz.

6.     Untuk kepentingan bagi
keamanan jiwa di laut,maka semua insiden terkait dengan layanan komunikasi
radio diperlukan buku sebagai berikut :

a.    
Buku SOLAS.

b.    
List of coast stations

c.    
Buku catatan radio.

d.    
List of ship stations.

7.    
Tenaga Ahli adalah
seseorang yang dikirim oleh, baik antara lain :

a.    
Sektor Standarisasi
Telekomunikasi.

b.    
Pemerintah atau
administrasi Negara.

c.    
Entitas atau organisasi
yang berwenang dalam masalah telekomunikasi yang disetujui oleh Negara Anggota
yang bersangkutan.

d.    
d. b, c benar.

8.     Jasa    Telekomunikasi           Internasional   tidak    perlu            memberikan    prioritas terhadapTelekomunikasi
epidemiologi dari Organisasi Kesehatan Dunia,bagaimana seharusnya :

a.    
Harus memberikan
prioritas mutlak.

b.    
Harus diteliti lebih
dulu.

c.     Harus disampaikan ke
alamat yang berkompeten.

d.    
Harus memberikan
prioritas dengan terlebih dahulu dikenakan biaya.

9.     Instalasi radio diatas
kapal salah satunya adalah sebagai berikut :

a.     Ditempatkan sedemikian
rupa agar nakhoda mudah mengoperasikan.

b.     Ditempatkan sedemikian
rupa agar tidak dioperasikan oleh sembarang orang.

c.     Ditempatkan sedemikian
rupa guna memastikan tingkat keselamatan dan ketersediaan operasional sebesar
mungkin.

d.     Ditempatkan Untuk
memudahkan pencarian dan pertolongan.

10.  Fungsi GMDSS selain untuk
mengirim dan menerima komunikasi di tempat terjadinya musibah, terdapat pula
fungsi sebagai berikut ,diantaranya adalah :

a.     Mengirim dan menerima
komunikasi pengkoordinasian SAR.

b.    
Bridge-to-bridge
Communication dengan MF.

c.    
a,d benar.

d.     Menerima sinyal darurat
dari kapal kekapal.

11.  Piranti-piranti   komunikasiradio          dua      arah     untuk            keperluan        pencarian        dan penyelamatan melalui frekuensi aeronautikal, harus ada
pada kapal penumpang Frekuensi-frekuensi tersebut sebagai baerikut :

a.    
121.5 KHz dan 121.3 Hz.

b.    
123.1 KHz dan 121.3 KHz.

c.    
156.800 MHz dan 156.300
MHz.

d.    
121.5 MHz dan 123.1 MHz.

12.  Kapal-kapal yang berlayar khusus diwilayah A1, bisa
membawa pengganti satelit EPIRB yang dipersyaratkan, dengan EPIRB yang sebagai
berikut antara lain:

a.    
Dapat mengirim tanda
bahaya dengan menggunakan DSC pada VHF kanal

70.

b.     Dipasang di tempat yang
mudah diakses.

c.    
Mudah untuk dilepas
secara manual dan dapat dibawa oleh satu orang ke sekoci penolong.

d.    
Semua jawaban benar.

13.  Ketentuan dari jasa
komonikasiradio diantaranya ada jasa maritime mobile pada Band MF adalah
sebagai berikut :

a.     Jasa satelit-mobile,
frekuensi antara 156 MHz sampai 174 MHz.

b.     Jasa maritime mobile,
frekuensi antara 4.000 kHz sampai 27.500 kHz.

c.     Jasa maritime mobile,
frekuensi antara 415 kHz sampai 535 kHz dan antara 1.605 kHz sampai 4.000 kHz.

d.    
Semua benar.

14.  Hak publik berkorespondensi menggunakan layanan
internasional sesuai konstitusi ditetapkan sebagai berikut :

a.     Negara anggota tidak
mengakui layanan biaya dan jaminan pengamanan harus sama.

b.     Negara anggota tidak
mengakui layanan biaya dan jaminan pengamanan yang tidak harus sama untuk semua
pengguna di setiap katagori korespondensi tanpa suatu prioritas atau
preferensi.

c.     Negara anggota mengakui
dengan layanan biaya dan jaminan pengamanan tersebut harus sama untuk semua
pengguna di setiap katagori korespondensi tanpa suatu prioritas atau preferensi.

d.    
Semua benar kecuali b.

15.  Sebuah layanan komunikasi radio dimana transmisi
dimaksudkan untuk penerimaan langsung oleh masyarakat umum yang mencakup segala
jenis transmisi disebut :

a.    
Dinas bergerak
pelayaran.

b.    
Korespondensi Publik.

c.    
Dinas Siaran.

d.    
Dinas siaran dan
korespondensi Publik.

16.  Untuk mencapai penyediaan layanan yang memuaskan,
terkait soal nomor 12, maka negara-negara anggota harus berusaha :

a.    
Mengenakan tarip
seminimal mungkin.

b.    
Mengatur jadwal sebaik
mungkin sesuai kebutuhan layanan.

c.     Menerapkam kemajuan
teknis terbaru sesegera mungkin.

d.    
Semua benar.

17.  Untuk kerahasian
Telekomuinikasi Negara-negara anggota setuju :

a.    
Untuk tidak menyampaikan
kepada yang tidak berwenang.

b.    
Untuk tidak mengambil
semua kemungkinan tindakan, yang kompatibel/sesuai dengan system telekomunikasi
yang digunakan ,dengan maksud untuk menjamin kerahasiaan korespondensi
internasinal.

c.    
Untuk merngambil semua
kemungkinan tindakan yang kompatibel dengan system telekomunikasi yang
digunakan dengan maksud untuk menjamin kerahasiaan korespondensi internasional.

d.    
a, b benar.

18.  Semua kapal dengan tonase kotor 300 atau lebih dengan
pelayaran Internasional dan semua kapal kargo bartonase kotor 500 atau lebih
yang tidak masuk dalam pelayaran internasiomal serta kapal penumpang semua
ukuran harus dilengkapi dengan system identifikasai otomatis (AIS) pada atau
setelah :

a.    
1 (satu) Juni 2002.

b.    
1 (satu) Februari 1993.

c.    
1 (satu) Februari 1999

d.    
1 (satu) Juli 2002.

19.  Bagi kapal-kapal penumpang wajib mengangkut personil
yang berpengalaman untuk ditugaskan khusus untuk menjalankan
komunikasi-komunikasi radio bila terjadi insiden- insiden bahaya, sekurangnya :

a.    
2 orang.

b.    
1 orang.

c.    
3 orang

d.    
Semua benar

20.  Jaminan asuransi harus dilakukan oleh Negara Anggota
terhadap pengguna jasa Telekomunikasi Internasional khususnya berkaitan dengan
klaim kerusakan benar atau salah :

a.    
Benar, dengan terlebih
dahulu dikenakan premi asuransi.

b.     Salah, kecuali ada
kesepakatan terlabih dahulu.

c.    
Benar, asal
memberitahukan kepada SEKJEN.

d.     Salah. karena Negara
anggota tidak menerima tanggung jawab.

21.  Komunikasi yang aman
antara kapal disuatu posisi tertentu dari posisi kapal yang biasa dinavigasikan
disebut :

a.    
Close to open
communication.

b.    
Bridge to bridge communication.

c.    
One way communication.

d.    
Open to bridge
communication.

22.  Bagi kapal yang tidak dilengkapi dengan sumber tenaga
listrik darurat,tenaga listrik cadangan harus mampu mensuplai tenaga listrik
selama sebagai berikut :

a.    
2 jam.

b.    
6 jam.

c.    
7 jam.

d.    
1 jam.

23.  Pembaharuan posisi kapal yang di-update secara manual
harus di lakukan setiap:

a.    
5 Jam.

b.    
8 Jam.

c.    
3 jam.

d.    
4 jam.

24.  Telekomunikasi
berdasarkan konstitusi pada pasal 35 menyangkut masalah di bawah ini :

a.    
Penghentian
Telekomunkasi.

b.    
Tanggung Jawab.

c.    
Penangguhan layanan.

d.    
Kerahasian
Telekomuniksi.

25.  Bagi kapal yang dilengkapi dengan sumber tenaga
listrik darurat, tenaga listrik cadangan harus mampu mensuplai tenaga listrik
selama sebagai berikut :

a.    
10.jam.

b.    
1 jam.

c.    
6 jam.

d.    
4 jam.

26.  Selain  Frekuensii       VHF     156.650           MHz     yang            digunakan       untuk   Komunikasi
radioTeleponi antara kapal dengan pesawat terbang, kapal dan kapal pada lalu
lintas berita dalam operasi SAR, Navigasi Keselamatan, lalu lintas berita
Distress dan Safety, terdapat pula pada Frekuensi sebagai berikut :

a.    
156.300 MHz;156.350 MHz.

b.    
156.300 MHz;156.800 MHz.

c.    
156.750 MHz;156.800 MHz.

d.    
156.300 MHz;156.825 MHz.

27.  Berapa lama batas waktu minimum pengisian batere aki
kosong, agar batere dapat digunakan dengan baik :

a.    
6 jam.

b.    
10 jam.

c.    
8 jam.

d.    
12 jam.

28.  Suatu telekomunikasi yang
berhubungan dengan telekomunikasi Internasional publik, dipertukarkan oleh
antara lain :

a.    
Ketua Dewan, wakil
Sekretaris Jenderal dan para Direktur Biro

b.    
Sekretaris Umum,
Administrasi, anggota Dewan Peraturan Radio, dan perwakilan lain atau pejabat
yang berwenang dari Uni.

c.    
Administrasi, ketua
Dewan dan Sekretaris Umum.

d.    
Semua benar.

29.  Dalam peraturan tentang peralatan radio secara umum,
setiap kapal wajib dilengkapi perangkat apa saja :

a.    
VHF (DSC/Teleponi).

b.    
Transponder radar 9 GHz.

c.    
NAVTEX dan Satelit
EPIRB.

d.    
Semua jawaban benar.

30.  Kapal menerima berita-berita tentang Maritime Safety
Information (MSI) menggunakan pesawat penerima Navtex siaran Internasional
dengan frekuensi :

a.    
406 KHz.

b.    
406 MHz.

c.    
518 KHz.

d.    
518 MHz.

31.  Instalasi radio VHF DSC
di atas kapal harus mampu mengirim dan menerima pada Frekuensi :

a.    
156.300 Mhz.

b.    
156.525.Mhz.

c.    
156.800 Mhz.

d.    
Semua benar.

32.  Apa yang disebut dengan Digital Selective Calling
(DSC) :

a.     Panggilan pilih untuk
kapal-kapal tertentu.

b.    
Panggilan khusus
mengenai bahaya.

c.    
Panggilan marabahaya
dengan 2182 kHz.

d.     Suatu teknik dengan
kode-kode digital untuk kontak dengan stasiun radio lain atau kelompok stasiun
radio.

33.  Pemeriksaan kapasitas
batere – batere harus menggunakan metode sebagai baerikut :

a.    
Selama selang waktu
tidak lebih dari 12 bulan dan kapal berlayar.

b.    
Selama selang waktu
lebih dari 12 bulan dan kapal tidak berlayar

c.    
Selang waktu tidak lebih
dari 12 bulan dan kapal tidak berlayar.

d.    
Selang waktu tidak lebih
dari 3 bulan dan kapal tidak berlayar.

34.  Terhadap False Deceptive Distress,Urgency, Safety or
Identification Signal (Sinyal Identifikasi Marabahaya, Urgensi, Keselamatan
Palsu atau Menipu), Negara anggota menyikapi sebagai berikut :

a.    
Bekerja sama dalam
mencari dan mengidentifikasi pemancaran signal station-station dibawah
yurisdiksi mereka.

b.    
Memberikan teguran
terhadap Station yang memancarkan sinyal tersebut.

c.    
Memberikan sanksi yang
berat terhadap station pemancar signal dimaksud.

d.    
Bekerja sama dalam
mencari dan mengidentifikasi serta menangkap station yang memancarkan sinyal
dimaksud dimanapun station tersebut berada.

35.  Kapan EPIRB harus
dilakukan pengecekan dan pengetesan :

a.    
Setiap hari.

b.    
Setiap Minggu.

c.    
Setiap Bulan.

d.    
Setiap Tahun.

36.  Untuk penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit
Satelit-Geostasioner dan

Orbit

Satelit Lainnya maka Negara-negara Anggota harus berusaha:

a.    
Membatasi jumlah dan
spektrum frekuensi yang digunakan.

b.    
Digunakan untuk hal yang
penting secara minimal.

c.     Menyediakan pelayanan
yang diperlukan secara memuaskan.

d.    
Semua benar.

37.  Radio MF/HF dapat
mengirim dan menerima sinyal tanda marabahaya dan keselamatan menggunakan
perangkat :

a.    
DSC.

b.    
Radiotelepony.

c.    
Direct-printing
telegraphy.

d.    
(a,b,c) adalah benar.

38.  Jika tidak ada keterangan lain, Bab IV SOLAS 74/78
tentang Komunikasi radio ini berlaku bagi semua kapal yang mana peraturan ini
berlaku, sebutkan untuk kapalkapal kargo yang melakukan pelayaran Internasional
dengan tonase kotor.

Berapakah peraturan ini
berlaku ?

a.    
100 ton.

b.    
200 ton.

c.    
=/>300 ton.

d.    
< 300 ton.

39.  Perangkat Two Way VHF Radio Telephone 2 Unit dan Radar
Transponder 1 Unit harus dipasang pada kapal dengan gross tonage minimal antara
:

a.    
100 ton dan 200 ton.

b.    
600 ton dan 800 ton.

c.    
200 ton dan 500 ton.

d.    
300 ton dan 500 ton

40.  Ketentuan pemeriksaan charge batere aki tidak dapat
dilakukan sewaktu-waktu saat kapal melaut, bagaimana seharusnya :

a.    
Benar, tidak dapat
seharusnya kapal tidak melaut.

b.    
Salah, dapat di lakukan
namun kapal tidak melaut dan tidak kurang dari 12 bulan

c.     Salah, dapat di lakukan
tetapi harus dilakukan tanpa penurunan tenaga batere yang signifikan saat kapal
melaut.

d.    
Semua benar.

41.  Untuk menselaraskan
komunikasi dengan dunia maritim, maka ITU mengesahkan….
a.            …..

b.     Radio Regulation

c.     Solas

d.     STCW

42.  Prosedur kapasitas battere – battere menggunakan
metode sebagai berikut :…….

a.    
Selama selang waktu
tidak lebih dari 12 bulan dan kapal berlayar

b.    
Selaam selang waktu
lebih dari 12 bulan dan kapal tidak berlayar

c.    
Selang waktu tidak lebih
dari 12 bulan dan kapal tidak berlayar

d.    
Selang waktu tidak lebih
dari 3 bulan dan kapal tidak berlayar

43.  Bahasa resmi dan bahasa kerja perhimpunan digunakan
untuk menyusun dan menerbitkan dokumen dan naskah perhimpunan, coba sebutkan
Keenam bahasa resmi tersebut :…….

a.    
Arab, China, Inggris,
Perancis, Rusia dan Spanyol

b.    
Arab, China, Inggris,
Jerman, Rusia dan Spanyol

c.    
Arab, China, Amerika,
Perancis, Rusia dan Spanyol

d.    
Arab, China, Amerika,
Perancis, Rusia dan Spanyol

44.  Setiap negara yang menjadi anggota perhimpunan
merupakan peserta perhimpunan berkomunikasi internasional (International
Telecommunication

Union ). Coba sebutkan
tujuan perhimpunan ( Purpose of the Union ) :…

a.     Memelihara dan memperluas
kerjasama antar anggota guna perbaikan penggunaan semua jenis Telekomunikasi

b.     Meningkatkan perluasan
teknologi telekomunikasi yang menguntungkan bagi penduduk dunia

c.    
Memberikan bantuan
teknis kepada negara berkembang dan meningkatkan mobilisasi sumber daya
material dan keuangan

d.    
Semua jawaban benar

45.  Pasal 4 yang berbunyi tentang ”perangkat perhimpunan
”, menjelaskan tentang :….

a.    
Konstitusi perhimpunan
Telekomunikasi Internasional

b.    
Konvensi perhimpunan
Telekomunikasi Internasional

c.    
Peraturan – peraturan
Administrasi

d.    
Semua jawaban benar

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Related post
Test Peraturan Radio

Namakuzo

01 Sep 2023

                                                 MATA UJIAN               :      PERATURAN RADIO       PILIHAN GANDA Pilih salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang pada lembar jawaban yang telah disediakan   1.     Prosedur Pengiriman Marabahaya teleponi radio dengan urutan yang benar : a.     Tanda Marabahaya Mayday (3x), Kata This is, Nama stasiun bergerak …

Test TEKNIK RADIO

Namakuzo

25 Aug 2023

                                              MATA UJIAN               :     TEKNIK RADIO PILIHAN GANDA Pilih salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang pada lembar jawaban yang telah disediakan 1.     Jika sumber energy utama didalam kapal mengalami gangguan (off), maka sumber energy cadangan harus mampu bertahan setidak – tidaknya : a.     4 jam b.     6 jam c.     …

Test TELEPHONY RADIO

Namakuzo

24 Aug 2023

Test TELEPHONY RADIO 1.       Termasuk berita segera antara lain : A.      Kehilangan kargo berbahaya B.      Kebakaran Kapal C.       Kandas D.      BUOY hanyut / hilang   2.       Motor vessel Antonia B, Call Sign : DGPS, MMSI : 211100000, sailing from Jakarta to Manado on June 21, at 07.00 UTC on position 05 02’00” South 117 01’ …

Test SERVICE DOCUMENT

Namakuzo

23 Aug 2023

Test SERVICE DOCUMENT    1. Dalam buku List –IV  di “ Heading” of the station Particular “ terdapat symbol DSC – Watch” apakah artinya ..?   A. Stasiun pantai yang ikut berpartisipasi jaga dengar  pada freq.ban VHF menggunakan teknik digital selective calling dalam sistim GMDSS . B. Stasiun pantai yang ikut berpartisipasi jag dengar pada freq.band …

Test Bahasa Inggris

Namakuzo

23 Aug 2023

                                                MATA UJIAN                :            BAHASA INGGRIS     USE THE ANSWER SHEET AND CROSS ONE OF THE LETTERS WITH YOUR ANSWER I. Choose the right answer of the following sentences   1.     How is the tone of my transmission ? a.     The tone of your transmission is channel 16. b.     The tone …

Ujian GMDSS

Namakuzo

23 Aug 2023

Contoh Ujian Teori GMDSS 1. 3 (tiga) mode kerja satelit Cospass Sarsat A. Real time 156.525 MHz repeater data sistem, realtime 406 MHz proses data sistem dan Global covered mode B. Real time 121.5 MHz repeater data sistem, realtime 406 MHz proses data sistem dan Global covered mode Real time 243 MHz repeater data sistem, …

x
x