Bisnis Usaha Tiket dan Travel Agent

Bisnis Usaha Tiket dan Travel Agent

A.  Modal dasar :

  1. Untuk menjalankan usaha ini Anda membutuhkan setidaknya satu ruangan kantor, bisa dari rumah Anda atau Anda menyewa ruko yang letaknya cukup strategis. Biaya sewa lokasi ini berkisar antara Rp 1 jutaan sampai Rp 2,5 jutaan per bulan.

    Jangan lupakan pula biaya listrik dan telepon. Sebab, usaha ini biasanya online de­ngan jaringan sehingga biaya telepon perlu dana ekstra.

  2. Hal utama yang juga perlu segera dilakukan adalah mengurus perijinan. Sebab, usaha ini mutlak perlu ijin agar bisa beroperasi.
  3. Karyawan yang diperlukan di sini biasanya adalah staf yang memahami dunia wisata, jika perlu cari lulusan sekolah pariwisata. Namun, jika Anda hanya ingin menjadi penyalur dan penjual tiket, rekrut saja satu dua orang untuk operasional penjualan tiket sehari-hari.
  4. Jika memang ingin menyeriusi usaha ini, Anda bisa mulai dengan menjadi sub agen besar untuk membantu pen­jualan mereka. Dari sana selain mendapat komisi, Anda bisa memperluas jaringan untuk nantinya dikembangkan sendiri.

Bisnis Usaha Tiket dan Travel Agent

B.   Persiapan :

Yang perlu Anda persiapkan pertama kali di sini adalah jaringan dan infrastruktur dengan agen lain atau armada serta maskapai penerbangan. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan aneka macam keuntungan komisi. Untuk mendapatkan pelanggan, Anda bisa berpromosi di. media atau melalui informasi yang Anda sebarkan ke relasi Anda.

Memang, usaha ini biasanya pada awalnya cukup berat dan biayanya pun relatif besar. Namun, jika Anda pandai melihat peluang dan mengembangkan jaringan atau layanan, misal dengan layanan online telepon 24 jam dan jasa antaran tiket, usaha ini masih banyak menyimpan peluang.

C.  Proyeksi pendapatan :

Keuntungan yang utama dari hasil usaha ini biasanya dari komisi yang didapat melalui penjualan tiket atau paket wisata dari agen besar di mana Anda menjadi sub agen mereka. Jika Anda jeli, banyak pula peluang yang bisa digarap di sektor usaha ini seperti jasa pengurusan paspor dan visa untuk kunjungan ke luar negeri.

Ke depan, jika terus berkembang, Anda bisa mulai menggarap pasar sendiri misalnya dengan menciptakan paket wisa­ta UMROH, Haji, atau paket wisata lain baik domestik atau lokal.

D. Tingkat kesulitan : Relatif tinggi.

Bisnis Usaha Tiket dan Travel Agent

About admin

Check Also

Bisnis Usaha Tempat Penitipan dan Perawatan Binatang

Bisnis Usaha Tempat Penitipan dan Perawatan Binatang A. Modal dasar : Usaha ini tak membutuhkan …

Bisnis Usaha Sewa Tempat Food Bazaar

Bisnis Usaha Sewa Tempat Food Bazaar A. Modal dasar : Yang dibutuhkan dalam usaha ini …

Bisnis Sewa Ruang Usaha

Bisnis Sewa Ruang Usaha A. Modal dasar : Usaha ini sebenaranya adalah sebuah cara bagi …