Bisnis Usaha Tempat Penitipan dan Perawatan Binatang

Bisnis Usaha Tempat Penitipan dan Perawatan Binatang

A. Modal dasar :

  1. Usaha ini tak membutuhkan tempat yang besar, karena itu cukup berlokasi di rumah pun bisa membuka layanan ini.
  2. Tak banyak perkakas yang dibutuhkan untuk penitipan dan perawatan ini. Hanya beberapa kandang atau pelangkap lain yang sebenarnya juga bisa didapat langsung dari pelanggan yang menggunakan jasa kita. Selain itu dibutuhkan pula makanan hewan yang bisa didapat dari pelanggan atau Anda sediakan sendiri dengan biaya tertentu.
  3. Khusus untuk perawatan, Anda bisa juga melebarkan sayap usaha dengan memberikan jasa mempercantik binatang peliharaan pelanggan. Layaknya salon manu-sia, binatang pun saat ini bisa dipercantik dengan aneka aksesoris. Modal yang dibutuhkan untuk layanan ini tak terlalu mahal, maksimal Rp 1 juta – Rp 2 jutaan untuk mendatangkan berbagai aksesoris untuk mempercantik binatang peliharaan.
  4. Karyawan yang dibutuhkan untuk usaha ini akan lebih baik jika melibatkan ahli atau penyayang binatang serta dokter hewan. Memang, cukup mahal untuk menyewa jasa mere­ka, karena itu sangat disarankan untuk mengajak kerjasama dengan mereka dengan sistem bagi hasil untuk usaha ini.
  5. Brosur promosi yang bisa ditempel di sekitar daerah perumahan, biasanya kompleks rumah elit yang banyak  memelihara binatang. Selain itu bisa juga menawarkan jasa melalui iklan di surat kabar atau selebaran.

Bisnis Usaha Tempat Penitipan dan Perawatan Binatang

B. Persiapan :

Usaha penitipan binatang ini biasanya sangat laris jika menjelang hari raya di mana banyak pemilik binatang yang bepergian dan tak mau repot mengurusi binatang peli-haraannya. Untuk itu rajin-rajinlah berpromosi pada saat menjelang hari raya atau libur panjang.

Untuk lebih memperluas pangsa pasar Anda, tawarkan jasa perawatan dari rumah ke rumah. Misalnya sebulan dua kali Anda bisa da tang dengan dokter hewan yang Anda ajak ker-jasama untuk mengontrol kondisi binatang kesayangannya.

C.  Proyeksi pendapatan :

Biaya jasa ini sangat variatif tergantung jenis hewan yang dititipkan. Perhitungkan tingkat kesulitan perawatan dan biaya makan binatang tersebut. Biayanya bisa dihitung harian, mulai dari Rp 10 ribu untuk jenis hewan jinak seper-ti kucing atau anjing hingga puluhan ribu untuk hewan yang tergolong sulit penanganannya seperti hewan reptilia.

Khusus untuk perawatan binatang, terapkan harga khusus layaknya layanan dokter yang biayanya sangat bergan-tung pada tingkat kondisi dan masalah yang ada pada binatang tersebut.

D. Tingkat kesulitan : Relatif tinggi

(membutuhkan keahlian tertentu).

Bisnis Usaha Tempat Penitipan dan Perawatan Binatang

About admin

Check Also

Bisnis Usaha Tiket dan Travel Agent

Bisnis Usaha Tiket dan Travel Agent A.  Modal dasar : Untuk menjalankan usaha ini Anda …

Bisnis Usaha Sewa Tempat Food Bazaar

Bisnis Usaha Sewa Tempat Food Bazaar A. Modal dasar : Yang dibutuhkan dalam usaha ini …

Bisnis Sewa Ruang Usaha

Bisnis Sewa Ruang Usaha A. Modal dasar : Usaha ini sebenaranya adalah sebuah cara bagi …