TUGAS HARIAN METEOROLOGI SMT.8-ANT.2.EDISI-3 (CH-4)
01. Local wind is caused by differences in :
a. Temperature
b. Density
c. Pressure
d. Humidity
Jawab A. Temperature
02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between :
a. and 03.00 Local Time.
b. 12.00 and 14.00 Local Time
c. 05.00 and 07.00 Local Time
d. 17.00 and 19.00 Local Time
Jawab B 12.00 and 14.00 Local Time
03. The surface wind at Tanjung – Priok at 12:00 Local Time is the wind at
a. 7 meters above the ground
b. 13 meters above the ground
c. 10 meters above the ground
d. Between 7 meters and 13 meters
Jawab 10 meters above the ground
04. Vertical current over island during summer afternoon will be :
a. Updraft
b. Downdraft
c. Updraft and Downdraf
d. Neutral
Jawab A. Updraft
05. The wind that flows down mountain slopes at night due to cooling is called :
a. Anabatic wind
b. Katabatic wind
c. Gusty wind
d. Land breeze
Jawab B. Katabatic wind
06. The wind that flows up mountain slopes by day due to heating is called:
a. Anabatic wind
b. Katabatic wind
c. Gusty wind
d. Land breeze
Jawab A. Anabatic wind
07. Downslope winds are usually :
a. Stronger than upslope winds due to the force of pressure
b. Stronger than upslope winds due to the force of gravity
c. Weaker than upslope winds due to the force of pressure
d. Weaker than upslope winds due to the force of gravity
Jawab B. Stronger than upslope winds due to the force of gravity
08. Speed of sea breeze between :
a. 3 knots and 5 knots
b. 7.8 knots and 19.6 knots
c. 3 knots and 7 knots
d. 5.8 knots and 13.5 knots
Jawab B. 7.8 knots and 19.6 knots
09. Speed of land breeze between :
a. 3 knots and 5 knots
b. 7.8 knots and 19.6 knots
c. 3 knots and 7 knots
d. 5.8 knots and 13.5 knots
Jawab D. 5.8 knots and 13.5 knots
10. Speed of sea breeze between :
a. 3 knots and 5 knots
b. 7.8 knots and 19.6 knots 0
c. 3 knots and 7 knots
d. 5.8 knots and 13.5 knots
Jawab. 7.8 knots and 19.6 knots
11. A line drawn on a chart joining places having the same wind direction at the same level and at the same time is:
A. An isobar
b. an isotherm
c. an isogone
d. an isovel / isotach
TUGAS
B. essay
1. Jelaskan apa yang menyebabkan sea breeze lebih kencang dari pada land breeze !
Jawab 1.
Perbedaan temperature di siang hari lebih besar dari malam hari sehingga mengakibatkan sea breeze di siang hari lebih besar di banding land breeze pada malam ahari.
2. Jelaskan apa yang menyebabkan katabatic wind lebih kencang dari pada anabatic wind !
Jawab 2.
Udara yang lebih dingin di dekat tanah yang meluncur menuruni lereng di bawah aksi gravitasi yang benar-benar mengalir ke dasar lereng disebut Katabatic Breeze jelasnya udara mengalir searah dengan gravitasi bumi sehingga Katabatik lebih kuat dari anabatik
3. Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan !
Jawab 3.
Faktor yang mempengaruhi terbentuknya angin katabatik antara lain:
- Tingkat pendinginan yang terjadi di sepanjang lereng. Semakin dingin permukaan lereng maka potensi untuk terbentuknya angin semakin besar.
- Kekasaran lereng juga mempengaruhi terbentuknya angin katabatik sebab semakin halus suatu lereng, maka potensi terbentuknya angin semakin besar dan kuat sebab tidak ada yang menghalanginya..
- Tingkat kecuraman lereng menjadi pengaruh terbentuknya angin katabatik. Semakin curam suatu lereng, maka semakin besar pula kemungkinan terbentuknya angin gunung dan bercampur dengan udara netral yang berada di sekitarnya.
4. Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar.
a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind
Jawab 4 a.
Angin ke arah Barat dengan kecepatan 19.6 knot atau 10 m/sec
b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami.
Jawab 4 b.
H = ( 70 % ) 0,0212 V² = ( 70% ) 0,0212 (10)²
H = 70%(2.12)
H = 1.48 m dengan sea wave dari arah Utara h= 1.5 m
5. Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Cilacap.
a. Tentukan arah dan kecepatan dari local wind
Jawab 5. a.
Arah angin dari Barat ke timur dengan kekuatan 19.6 knot atau 10 m/sec
b. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami.
Jawab 5. B.
H = ( 70 % ) 0,0212 V² = ( 70% ) 0,0212 (10)² m
H = 60%(2.12)
H = 1.27 m dengan sea wave dari selatan h= 1,3 m
admin
11 May 2023
Rev 05 17.05.20Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balikSoal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro CompassANT – II-K P1 G11 22 BP3IPPERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan )BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan kapal – kapal dilengkapidengan …
admin
11 May 2023
Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan !2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local windb. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah kapal …
admin
10 May 2023
PERHITUNGAN FO C1 P/S Max Vol x Vol %/100 = 3759,01 x 90,5/100 = 3759,02 x 0,905 = 3.401,90 BS MUAT = t/m3 x { BS – ( DC X ( Temp – SG } = 0,8843 X { 1 – ( 0,00075 X ( 23 – 15 } = 0,8843 X { …
admin
10 May 2023
Jawab pertanyaan di bawah berdasarkan Surface Weather Chart Analysis (perhatikan) Soal A Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Soal B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya …
admin
10 May 2023
JAWABAN Soal Meteorologi ch. VII. A. 1. Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Jawab : A. 1. PQ Merupakan Garis – Convergency line. Garis konvergensi yaitu pita awan yang tetap tidak bergerak dan dapat menghasilkan hujan dalam jumlah besar di area yang relatif kecil. Hujan adalah jenis cuaca yang memberi kita hujan, …
admin
10 May 2023
Soal dan jawab Kompas dan Sistem kemudi Tuliskan Rumus deviasi umum dari Airy dan A Smith. Jawab: d = A + B sinZ’ + C cos Z’ + D sin 2 Z’+ E cos 2 Z’Bagaimana sifat deviasi dari masing – masing komponen jawab: A bersifat Konstan untuk semua haluan B sin Z’ + …
11 May 2023 139 views
What is “cargo plan”. When applied to a ships A discussion between the shore and ship to plan the procedure for loading cargo Notices to marine _________ carefully and regularly to avoid grounding Should be studied Wreck sand rock are not easily _________ by the signal Detected To help the preparations to leave the …
01 Apr 2023 102 views
Pilotage A1/4.1 Pilot request See AI/6 – .4.3 “Pilot request” A1/4.2 Embarking / disembarking pilot 1 Stand by pilot ladder. 2 Rig the pilot ladder on port side / starboard side/leeside … metres above water. 3 The pilot ladder is rigged on port side / starboard side. 4 You must rig another pilot ladder 5 The pilot ladder is …
10 Jul 2024 93 views
1. What is WMS? Work Management System It is a Safety Tool that the Work is Properly Controlled, Coordinated and Communicated (3C) 2. What are the Modules of WMS? PTW (Permit to Work) JSA (Job Safety Analist) EI (Energy Isolation) TD (Temporary Depeat) SIMOPS (Simultanous Operations) 3. What are the Life Saving Rules (At least …
11 May 2023 89 views
PLAN A VOYAGE AND CONDUCT NAVIGATION Publications containing information on Naval Control of Shipping (NCS) in times of emergency or war are ? 117, Radio Navigational Aids In determining the characteristics of the lamp which is the main light or an offshore buoy when passing at night, what is? Any of the above …
10 May 2023 83 views
Navigation Introduction By navigation is understood any act or procedure that will ensure the sapety of passangers and crew, vessel and cargo during a voyage from a point of departure to a destination. This safety is greatly determind by good seamanship. And since good seamanship refer to The Human Factor (HF). It is obvious that …
Comments are not available at the moment.