Home » KOMPAS MAGNET DAN GYRO COMPASS » BAB 1 DASAR HUKUM DAN PENGERTIAN PEDOMAN SECARA UMUM

BAB 1 DASAR HUKUM DAN PENGERTIAN PEDOMAN SECARA UMUM

admin 11 May 2023 8

 


PENDAHULUAN

Di dalam bab ini akan dibahas mengenai alat navigasi dari yang paling konvensional dan penting di kapal hingga yang paling modern yang digunakan untuk menentukan arah di laut, yaitu Pedoman Magnit dan Pedoman Gyro.
Tujuan kami menyusun bahan ajar mengenai Pedoman Magnit dan Pedoman Gyro ini ialah agar para pembaca pada umumnya dan Para Siswa Pendidikan dan pelatihan Kepelautan ( DIKLAT KEPELAUTAN ) pada khususnya dapat mengenal dan mengerti tentang Pedoman Magnit dan Pedoman Gyro.
Diharapkan setelah selesai mempelajari Bab ini para Pembaca dan para Para Siswa DIKLAT KEPELAUTAN dapat :

  1. Menjelaskan ruang lingku
  2. Mendemonstrasikan cara membaca dan mengoreksi Pedoman Magnit dan Pedoman Gyro secara tepat.

Pedoman / Kompas
Pedoman, adalah alat bantu navigasi yang berfungsi untuk menentukan arah dilaut.
Yaitu arah kemana kapal harus berlayar, dan arah baringan dari benda-benda diluar kapal , misalnya arah suatu suar, tanjung, pulau dan sebagainya yang kita baring dalam rangka bernavigasi untuk menentukan posisi kapal dari waktu ke waktu. Di atas kapal niaga, pada umumnya terdapat 2 jenis pedoman yang harus dipasang diatas kapal yaitu:

  1. Pedoman magnet (Magnetic Compass)
  2. Pedoman gasing (Gyro Compass)

Perbedaan Prinsip Kerja dari Pedoman Magnit dan Pedoman Gyro yaitu :

1. Pedoman Magnit,
Ialah suatu instrumen yang dirancang untuk mencari arah tertentu baik untuk haluan maupun baringan dalam azimut dan secara tetap mempertahankan arah itu dan penunjukan arahnya tergantung pada magnetisme bumi.

Prinsip kerjanya tergantung pada sifat- sifat magnit dari sebuah magnit yang dipasang dibawah mawar pedoman dan penunjukan arahnya dipengaruhi oleh magnetisme bumi , magnetisme pada badan kapal dan penunjukannya diarahkan ke kutub Utara dan kutub Selatan magnet bumi.

2. Pedoman Listrik/Pedoman Gasing/Gyro Compass;
Ialah suatu instrumen yang dirancang untuk mencari arah tertentu baik untuk haluan maupun baringan dalam azimut yang prinsip kerjanya sama sekali tidak tergantung pada sifat-sifat magnit.
Prinsip kerjanya menggunakan prinsip-prinsip kerja dari sebuah Gyroscope /gasing yang berputar sangat cepat dan stabil ± 6.000 rpm yang dilengkapi dengan piranti Cincin-Cincin Cardanus / Gimbal’s Ring yang oleh pengaruh putarannya sendiri , rotasi bumi, maka penunjukannya selalu diarahkan ke arah kutub Utara dan kutub Selatan bumi sejati dan tergantung pada sumber tenaga listrik kapal.
Selain 2 jenis pedoman tersebut di atas, pada saat ini juga berkembang pedoman jenis lainnya yang disebut dengan pedoman elektronik.
Walaupun Gyro Compass (pedoman gasing) prinsip kerjanya menggunakan prinsip –prinsip dari sebuah Gyroscope yang berputar sangat cepat dan tergantung dari listrik kapal, namun tidak termasuk dalam kategori pedoman elektronik.

Pedoman Elektronik yang dikenal yaitu:

  1. Flux Gate Compass (FGC), dan
  2. Ring Laser Gyro-compass (RLG).
  3. Satellite Compass

Persyaratan jumlah, dan konstruksi pedoman di kapal diatur secara rinci pada SOLAS 1974.

Flux Gate Compass (Raytheon)

Satellite Compass

PEDOMAN MAGNET
Pedoman magnet adalah satu-satunya jenis pedoman yang tidak menggunakan kelistrikan kapal, sehingga tetap dapat bekerja walaupun listrik kapal black out (padam). Oleh karena itu IMO melalui Konvensi SOLAS 1974 mensyaratkan bagi semua kapal niaga untuk dilengkapi dengan pedoman magnet dengan menetapkan persyaratan konstruksi dan jumlahnya yang harus ada di kapal.
Menurut konstruksinya pedoman magnet ada 2 yaitu:

  1. Pedoman magnet kering,
  2. Pedoman magnet basah (cair)

Menurut fungsi dan penempatannya, terdapat 3 pedoman magnet yaitu:

1.Pedoman Standar (Standard Compass)
Yaitu Pedoman yang diletakkan di atas Monkey Island yang berada diatas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian konstruksi kapal sehingga dapat digunakan untuk membaring baringan horisontal maupun baringan angkasa hingga pada busur cakrawala 360º. Pedoman ini juga digunakan sebagai standar bagi pedoman – pedoman yang lainnya yang digunakan diatas kapal.

2.Pedoman Kemudi (Steering Compass),
Yaitu pedoman yang diletakkan didepan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal.
Diatas kapal Niaga yang berukuran besar , pedoman kemudi ini diletakkan tepat dibawah pedoman standard agar perwira navigasi maupun juru mudi mudah memeriksa perbedaan penunjukan arah antara pedoman standar dan pedoman kemudi.

3.Pedoman Cadangan (Spare Compass),
Berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman standar atau pedoman kemudi bila mengalami kerusakan fisik.

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Related post
Soal UAD ANT II Kompas Magnit dan Gryro

admin

11 May 2023

      My courses  UADN2  UAD, Kamis 6 Agustus 2020  Soal UAD ANT II Kompas Magnit dan Gryro Started on Thursday, 6 August 2020, 9:11 AM State Finished Completed on Thursday, 6 August 2020, 9:43 AM Time taken 32 mins 8 secs Marks 30.00/30.00 Grade 10.00 out of 10.00 (100%) …

DASAR HUKUM PENGGUNAAN KOMPAS DIATAS KAPAL

admin

11 May 2023

  SOLAS 1974 . Safety Of Life At Sea ( SOLAS 1974) Consolidated 2010. Didalam Konvensi Internasional SOLAS 1974 pada  bab V tentang  Safety Navigation , Peraturan 19, diatur beberapa ketentuan yang berkaitan dengan Carriage requirements for shipborne navigational systems and equipment “antara lain sebagai berikut: Semua kapal berapapun ukurannya yang berlayar diperairan Internasional, wajib …

Soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass

admin

11 May 2023

  Rev 05 17.05.20Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balikSoal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro CompassANT – II-K P1 G11 22 BP3IPPERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan )BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan kapal – kapal dilengkapidengan …

Essay Soal dan jawab Kompas dan Sistem kemudi ANT2K

admin

10 May 2023

  Soal dan jawab Kompas dan Sistem kemudi Tuliskan Rumus deviasi umum dari Airy dan A Smith. Jawab: d = A + B sinZ’ + C cos Z’ + D sin 2 Z’+ E cos 2 Z’Bagaimana sifat deviasi dari masing – masing komponen jawab: A bersifat Konstan untuk semua haluan B sin Z’ + …