Home » LATIHAN SOAL » Latihan dan tugas Pertemuan 10 Trim 20 Maret 2023

Latihan dan tugas Pertemuan 10 Trim 20 Maret 2023

admin 10 May 2023 52

Soal 1

  1. Sebuah kapal dengan data-data sebagai berikut:

LBP = 110 m sarat depan F = 5,000 m dan sarat belakang A = 5,000 m LCF = 1,5 m [di depan tengan-tengah kapal] MTC = 120 t-m

Hitunglah:

  1. Berapa ton ballast yang harus di pindahkan dari tk IV yang jaraknya 60 meter jika trim yang di inginkan menjadi 0,3 meter
  2. Berapa Sarat akhir depan dan belakang

Penyelesaian

  1. Diketahui

LBP = 110

FD = 5,000 m

AD = 5,000 m

mtc = 120 t-m

LCF (A) = 1,5 m

Ditanya:

w = ?

FD = ?

AD = ?

dimana:

d = 6o m

Trim = 0,3 m

Jawab:

a). Air Ballast yang harus di pindahkan (w) agar trim menjadi 0,3 meter

COT = [w x d] / mtc

0,3 = [w X 60] / 120

60w = 30 x 120

w = 60 Tons

Jadi Air ballast yang harus di pindahkan adalah 60 tons

b). Final Draft

COD F = [53,5/110] x 0,3

COD F = 0,1459

COD A = 0,3 – 0,1459

COD A = 0,1540

Initial    FD = 5,0000 m       AD = 5,0000 m

COD F = 0,1459 –    COD A = 0,1540 +

Final   FD = 4,854 m      AD = 5,154 M

Soal 2.

2. Sebuah kapal dengan panjang =130 m sarat depan F = 5,50 m sarat belakang A =  5,40 m LCF = 2 m di belakang tengah-tengah kapal dan MTC =m 210 t-m. Hitung sarat baru depan dan belakang, jika bahan bakar sebanyak 110 tons di pindahkan ke belakang sejauh 40 meter?

Penyelesaian

Diketahui:

LBP = 130 m

FD = 5,5000 m

AD = 5,4000 m

LCF = 2 m (A)

MTC = 210 t-m

w = 110

d = 40 m

Ditanya: Final Draft depan dan belakang.

Jawab:

COT = [110 x 40]/210

COT = 20,95 cm = 0,2095 m

COD F = [67/130] x 0,2095

COD F = 0,1080

COD A = 0,2095 – 0,1080

COD A = 0,1015

Initial   FD = 5,5000          AD = 5,4000

     COD F = 0,1080 –  COD A = 0,1015 +

Final    FD = 5,392 m         AD  = 5,5015 M

Soal 3.

3. Panjang kapal diketahu = 90 m sarat depan F = 5.0000 m dan sarat belakang  A = 5,000 m LCF terletak 1,5 meter  di belakang tengah-tengah kapal TPC = 10 t/c dan MTC = 120 t-m. Hitung Sarat barunya bila mengisi bahan bakar sebanyak 250 tons yang di tempatkan pada tanki yang titik beratnya 14 meter di belakang tengah-tengah kapal.

Penyelesaian

Diketahui:

LBP = 90 m

FD = 5,0000 m

AD = 5,0000 m

LCF = 1,5 m (A)

MTC = 120 t-m

TPC 10 t/c

w = 250

d = 14 m (A)

Ditanya: Final Draft depan dan belakang.

Jawab:

COT = [250 x 14]/120

COT = 29,17 cm = 0,2917 m

COD F = [46,5/90] x 0,2917

COD F = 0,1507

COD A = 0,2917 – 0,1507

COD A = 0,1410

Sinkage = Bobot mauatan yang di tambahkan / TPC

Sinkage = 250 / 10  = 25 cm

Sinkage = 0,25 m

Initial   FD = 5,000            AD = 5,000

Sinkage   = 0,25 m Sinkage = 0,25 m

     COD F = 0,1507 –  COD A = 0,1410 +

Final    FD = 5,099 m     AD  = 5,391 M

Soal 4.

4. Panjang kapal di ketahui = 100 meters sarat depan F = 3,000 m sarat belakang A = 4.300  TPC = 10 t/m dan MTC = 120 t-m LCF terletak 3,000 m di belakang tengah – tengah kapal. Selanjutnya kapal mengisi bahan bakar sebanyak 80 tons  pada tk,II yang titik beraftnya terletak pada 24 meter di depan tengah – tengah kapal dan membuang ballast sebanyak 40 tons dari tk.IV (C) yang titik beratnya terletak  12 meter di belakang tengah – tengah kapal.

Hitung sarat baru depan dan belakang setelah kegiatan tersebut?

Penyelesaian

Diketahui:

LBP = 100 m

FD = 3,000 m

AD = 4,300 m

LCF = 3 m (A)

MTC = 120 t-m

TPC 10 t/c

w1 + = 80

d = 24 m (F)

w2 – = 40

d = 12 m (A)

Ditanya: Final Draft depan dan belakang.

Jawab:

Sinkage = 40/10 = 4 cm = 0,04 m

COT1 = [80 x 24]/120

COT1 = 16 cm = 0,16 m

COD F1 = [53/100] x 0,16

COD F1 = 0,0848

COD A1 = 0,16 – 0,0848

COD A1 = 0,0752

COT 2= [40 x 12]/120

COT 2= 4 cm = 0,04 m

COD F2 = [53/100] x 0,04

COD F2 = 0,212

COD A2 = 0,04 – 0,0212

COD A2 = 0,0188

Initial   FD = 3,000                AD = 4,300

Sinkage      = 0,040 m    Sinkage = 0,040 m

COD F1  = 0,0848 +  COD A1   = 0,0752 –

COD F2 = 0,0212 +     COD A 2= 0,0188 –

Final    FD = 3,146 m     AD  = 4,246 M

Soal 5.

5. Panjang sebuah kapal = 120 m mengapung dalam keadaan tegak even keel dengan sarat = 4,500 m LCF terletak 1,60 m di belakang tengah – tengah kapal TPC = 10 t/m3 MTC = 180 t-m. Kapal mengisi bahan bakar sebanyak = 200 tons pada tk.IV yang titik beratnya 28 meter di belakang tengah – tengah kapal.

Hitung sarat baru kapal setelah selesai mengisi bahan bakar?

Penyelesaian

Diketahui:

LBP = 120 m

FD = 4,500 m

AD = 4,500 m

LCF = 1,60 m (A)

MTC = 180 t-m

TPC 10 t/c

w1 + = 200 tons

d = 28 m (A)

Ditanya: Final Draft depan dan belakang.

Jawab:

Sinkage = 200/10 = 2 cm = 0,20 m

COT = [200 x 28]/180

COT = 31,11 cm = 0, m3111

COD F = [61,6/120] x 0,3111

COD F = 0,1623

COD A = 0,3111 – 0,1597

COD A = 0,1514

Initial   FD = 4,500                AD = 4,500

Sinkage      = 0,20 m    Sinkage = 0,20 m

COD F2     = 0,1597  –    COD A 2= 0,1514 +

Final    FD = 4,540 m     AD  = 4,851 M

Soal 6.

6. Sebuah kapal akan memasuki pelabuhan memiliki sarat depan F= 11.20 m dan sarat belakang A = 12 m Jika di inginkan untuk memasuki pelabuhan dengan sarat even keel. Hitunglah ballast yang harus di pindahkan dari tanki dasar berganda yang memiliki LCG = 80 di depan AP ke tanki Fore peak yang memiliki LCG = 195 di depan AP MTC = 210 t-m LCF terletak 95 m di depan AP, Panjang kapal = 200 meter.

Penyelesaian

Diketahui:

LBP = 200 m

FD = 11,200 m

AD = 12,00 m

LCF =  5 m (A)

MTC = 210 t-m

w – = ? tons

d1 = 95 – 80 = 15 meter

d2 = 195 – 95 = 100 meter

d = d2 – d1 = 100 – 15 = 85 m (F)

Ditanya: Barapa banyak Ballast yang harus di pindahkan?

Jawab:

Trim = 12,000 – 11,200 = 0,8000 meters = 80 cm

80 = [w x 85] / 210

85w = 0.80 x 210

85w = 16800

w = [16800/85] = 197.6 Ton

Jadi Ballast yang harus di pindahkan adalah 224 Ton

Soal 7.

7. Sebuah kapal akan memasuki sungai dimana kedalaman pada ambang sungai yang di maksud deep  = 9,20 meters Under keel clearan (UKC) kapal minimum = 0.5 m. sarat kapal saat ini depan F = 8,400 m dan belakang A = 9,00 m  MTC = 125 t-m TPC 25 t/cm. Panjang kapal = 220 meter LCF terletak pada pertengahan panjang kapal. Hitung berapa banyak air ballast yang harus di buang dari tanki After peak tank yang memiliki LCG = 7 m di depan AP.

Penyelesaian

Diketahui:

LBP = 220 m

FD = 8,400 m

AD = 9,000 m

LCF = 0 m (A)

MTC = 125 t-m

TPC 25 t/c

w = ?  tons

d = 110 – 7 = 103 m (A)

Ditanya: Berapa ballast yang harus di buang

Jawab:

Draft Allowed = 9,20 – 0,5 = 8,70 meter

Draft rata- rata = [8,400 + 9,00] / 2 = 8,70 meter

COT = [w x d]/ MTC

60 = [w x 103] / 125

103 w = 7500

w = 72.81 tons

Jika ingin membuang ballast maka yang harus di buang adalah 72,81 Ton

Soal 8.

8. Panjang kapal LBP = 191,06 dengan sarat depan F = 9,945 m dan sarat belakang A = 9.749 m LCF (+) 1,22 m (abaft of midship) MTC = 608,7 t-m. Kapal harus bertolak dengan kondidi even keel. Tentukan berapa ton air ballast yang harus di pindahkan dari tk.no. I (c) ke tk. no. IV (c) dengan jarak geser LCG Tk. I s/d Tk. no IV = 101,08 meter  dan berapa sarat even keel tersebut.

Penyelesaian

Diketahui:

LBP = 191,06 m

FD = 9,945 m

AD = 9.749 m

LCF = 1,60 m (A)

MTC = 180 t-m

TPC 10 t/c

w1 + = 200 tons

d = 28 m (A)

Ditanya: Berapa Ballast yang harus di pindahkan ?

Jawab:

Trim = 9,945 – 9,749 = 0,196 M = 19,6 cm

COT = (w x d) / MTC

19,6 = (w x 101,08) / 608,7

101,08w = 11930,52

W = 118 Ton

Jadi air ballast yang harus di pindahkan adalah 118 Ton

Dan Sarat Even keel nya adalah

COT = (118 x 101,08) / 608

COT = 19,6175 cm atau 0,196

COD F = [96,75 / 191,06] x 0,196

COD F = 0,0998

COD A = 0,196 – 0,0998

COD A = 0,0967

Initial   FD  = 9,9450               AD = 9,7490

         COD F = 0,0998-      COD A = 0,0987+

FINAL  FD = 9,9845 M   AD = 9,846 M

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Related post
Soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass

admin

11 May 2023

  Rev 05 17.05.20Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balikSoal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro CompassANT – II-K P1 G11 22 BP3IPPERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan )BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan kapal – kapal dilengkapidengan …

Tugas Harian METEOROLOGI-SMT.8-ANT.2 EDISI-3 (Ch-5)

admin

11 May 2023

  Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan !2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local windb. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah kapal …

TUGAS HARIAN METEOROLOGI SMT.8-ANT.2.EDISI-3 (CH-4)

admin

11 May 2023

  01. Local wind is caused by differences in :a. Temperatureb. Densityc. Pressured. HumidityJawab A. Temperature 02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between :a. and 03.00 Local Time.b. 12.00 and 14.00 Local Timec. 05.00 and 07.00 Local Timed. 17.00 and 19.00 Local TimeJawab B 12.00 and 14.00 Local Time …

LATIHAN SOAL MEMUAT DKKP

admin

10 May 2023

  PERHITUNGAN   FO C1 P/S Max Vol x Vol %/100 = 3759,01 x 90,5/100 = 3759,02 x 0,905 = 3.401,90 BS MUAT = t/m3 x { BS – ( DC X ( Temp – SG } = 0,8843 X { 1 – ( 0,00075 X ( 23 – 15 } = 0,8843 X { …

Surface weather chart analysis Tugas Meteorology

admin

10 May 2023

  Jawab pertanyaan di bawah berdasarkan Surface Weather Chart Analysis (perhatikan) Soal A Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Soal B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya …

Jawaban Tugas Meteorologi Chapter 7 Surface weather chart analysis

admin

10 May 2023

  JAWABAN Soal Meteorologi ch. VII. A. 1. Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Jawab : A. 1. PQ Merupakan Garis – Convergency line. Garis konvergensi yaitu pita awan yang tetap tidak bergerak dan dapat menghasilkan hujan dalam jumlah besar di area yang relatif kecil. Hujan adalah jenis cuaca yang memberi kita hujan, …