Latihan dan tugas Pertemuan 10 Trim 20 Maret 2023
Soal 1
- Sebuah kapal dengan data-data sebagai berikut:
LBP = 110 m sarat depan F = 5,000 m dan sarat belakang A = 5,000 m LCF = 1,5 m [di depan tengan-tengah kapal] MTC = 120 t-m
Hitunglah:
- Berapa ton ballast yang harus di pindahkan dari tk IV yang jaraknya 60 meter jika trim yang di inginkan menjadi 0,3 meter
- Berapa Sarat akhir depan dan belakang
Penyelesaian
- Diketahui
LBP = 110
FD = 5,000 m
AD = 5,000 m
mtc = 120 t-m
LCF (A) = 1,5 m
Ditanya:
w = ?
FD = ?
AD = ?
dimana:
d = 6o m
Trim = 0,3 m
Jawab:
a). Air Ballast yang harus di pindahkan (w) agar trim menjadi 0,3 meter
COT = [w x d] / mtc
0,3 = [w X 60] / 120
60w = 30 x 120
w = 60 Tons
Jadi Air ballast yang harus di pindahkan adalah 60 tons
b). Final Draft
COD F = [53,5/110] x 0,3
COD F = 0,1459
COD A = 0,3 – 0,1459
COD A = 0,1540
Initial FD = 5,0000 m AD = 5,0000 m
COD F = 0,1459 – COD A = 0,1540 +
Final FD = 4,854 m AD = 5,154 M
Soal 2.
2. Sebuah kapal dengan panjang =130 m sarat depan F = 5,50 m sarat belakang A = 5,40 m LCF = 2 m di belakang tengah-tengah kapal dan MTC =m 210 t-m. Hitung sarat baru depan dan belakang, jika bahan bakar sebanyak 110 tons di pindahkan ke belakang sejauh 40 meter?
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 130 m
FD = 5,5000 m
AD = 5,4000 m
LCF = 2 m (A)
MTC = 210 t-m
w = 110
d = 40 m
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
COT = [110 x 40]/210
COT = 20,95 cm = 0,2095 m
COD F = [67/130] x 0,2095
COD F = 0,1080
COD A = 0,2095 – 0,1080
COD A = 0,1015
Initial FD = 5,5000 AD = 5,4000
COD F = 0,1080 – COD A = 0,1015 +
Final FD = 5,392 m AD = 5,5015 M
Soal 3.
3. Panjang kapal diketahu = 90 m sarat depan F = 5.0000 m dan sarat belakang A = 5,000 m LCF terletak 1,5 meter di belakang tengah-tengah kapal TPC = 10 t/c dan MTC = 120 t-m. Hitung Sarat barunya bila mengisi bahan bakar sebanyak 250 tons yang di tempatkan pada tanki yang titik beratnya 14 meter di belakang tengah-tengah kapal.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 90 m
FD = 5,0000 m
AD = 5,0000 m
LCF = 1,5 m (A)
MTC = 120 t-m
TPC 10 t/c
w = 250
d = 14 m (A)
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
COT = [250 x 14]/120
COT = 29,17 cm = 0,2917 m
COD F = [46,5/90] x 0,2917
COD F = 0,1507
COD A = 0,2917 – 0,1507
COD A = 0,1410
Sinkage = Bobot mauatan yang di tambahkan / TPC
Sinkage = 250 / 10 = 25 cm
Sinkage = 0,25 m
Initial FD = 5,000 AD = 5,000
Sinkage = 0,25 m Sinkage = 0,25 m
COD F = 0,1507 – COD A = 0,1410 +
Final FD = 5,099 m AD = 5,391 M
Soal 4.
4. Panjang kapal di ketahui = 100 meters sarat depan F = 3,000 m sarat belakang A = 4.300 TPC = 10 t/m dan MTC = 120 t-m LCF terletak 3,000 m di belakang tengah – tengah kapal. Selanjutnya kapal mengisi bahan bakar sebanyak 80 tons pada tk,II yang titik beraftnya terletak pada 24 meter di depan tengah – tengah kapal dan membuang ballast sebanyak 40 tons dari tk.IV (C) yang titik beratnya terletak 12 meter di belakang tengah – tengah kapal.
Hitung sarat baru depan dan belakang setelah kegiatan tersebut?
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 100 m
FD = 3,000 m
AD = 4,300 m
LCF = 3 m (A)
MTC = 120 t-m
TPC 10 t/c
w1 + = 80
d = 24 m (F)
w2 – = 40
d = 12 m (A)
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
Sinkage = 40/10 = 4 cm = 0,04 m
COT1 = [80 x 24]/120
COT1 = 16 cm = 0,16 m
COD F1 = [53/100] x 0,16
COD F1 = 0,0848
COD A1 = 0,16 – 0,0848
COD A1 = 0,0752
COT 2= [40 x 12]/120
COT 2= 4 cm = 0,04 m
COD F2 = [53/100] x 0,04
COD F2 = 0,212
COD A2 = 0,04 – 0,0212
COD A2 = 0,0188
Initial FD = 3,000 AD = 4,300
Sinkage = 0,040 m Sinkage = 0,040 m
COD F1 = 0,0848 + COD A1 = 0,0752 –
COD F2 = 0,0212 + COD A 2= 0,0188 –
Final FD = 3,146 m AD = 4,246 M
Soal 5.
5. Panjang sebuah kapal = 120 m mengapung dalam keadaan tegak even keel dengan sarat = 4,500 m LCF terletak 1,60 m di belakang tengah – tengah kapal TPC = 10 t/m3 MTC = 180 t-m. Kapal mengisi bahan bakar sebanyak = 200 tons pada tk.IV yang titik beratnya 28 meter di belakang tengah – tengah kapal.
Hitung sarat baru kapal setelah selesai mengisi bahan bakar?
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 120 m
FD = 4,500 m
AD = 4,500 m
LCF = 1,60 m (A)
MTC = 180 t-m
TPC 10 t/c
w1 + = 200 tons
d = 28 m (A)
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
Sinkage = 200/10 = 2 cm = 0,20 m
COT = [200 x 28]/180
COT = 31,11 cm = 0, m3111
COD F = [61,6/120] x 0,3111
COD F = 0,1623
COD A = 0,3111 – 0,1597
COD A = 0,1514
Initial FD = 4,500 AD = 4,500
Sinkage = 0,20 m Sinkage = 0,20 m
COD F2 = 0,1597 – COD A 2= 0,1514 +
Final FD = 4,540 m AD = 4,851 M
Soal 6.
6. Sebuah kapal akan memasuki pelabuhan memiliki sarat depan F= 11.20 m dan sarat belakang A = 12 m Jika di inginkan untuk memasuki pelabuhan dengan sarat even keel. Hitunglah ballast yang harus di pindahkan dari tanki dasar berganda yang memiliki LCG = 80 di depan AP ke tanki Fore peak yang memiliki LCG = 195 di depan AP MTC = 210 t-m LCF terletak 95 m di depan AP, Panjang kapal = 200 meter.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 200 m
FD = 11,200 m
AD = 12,00 m
LCF = 5 m (A)
MTC = 210 t-m
w – = ? tons
d1 = 95 – 80 = 15 meter
d2 = 195 – 95 = 100 meter
d = d2 – d1 = 100 – 15 = 85 m (F)
Ditanya: Barapa banyak Ballast yang harus di pindahkan?
Jawab:
Trim = 12,000 – 11,200 = 0,8000 meters = 80 cm
80 = [w x 85] / 210
85w = 0.80 x 210
85w = 16800
w = [16800/85] = 197.6 Ton
Jadi Ballast yang harus di pindahkan adalah 224 Ton
Soal 7.
7. Sebuah kapal akan memasuki sungai dimana kedalaman pada ambang sungai yang di maksud deep = 9,20 meters Under keel clearan (UKC) kapal minimum = 0.5 m. sarat kapal saat ini depan F = 8,400 m dan belakang A = 9,00 m MTC = 125 t-m TPC 25 t/cm. Panjang kapal = 220 meter LCF terletak pada pertengahan panjang kapal. Hitung berapa banyak air ballast yang harus di buang dari tanki After peak tank yang memiliki LCG = 7 m di depan AP.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 220 m
FD = 8,400 m
AD = 9,000 m
LCF = 0 m (A)
MTC = 125 t-m
TPC 25 t/c
w = ? tons
d = 110 – 7 = 103 m (A)
Ditanya: Berapa ballast yang harus di buang
Jawab:
Draft Allowed = 9,20 – 0,5 = 8,70 meter
Draft rata- rata = [8,400 + 9,00] / 2 = 8,70 meter
COT = [w x d]/ MTC
60 = [w x 103] / 125
103 w = 7500
w = 72.81 tons
Jika ingin membuang ballast maka yang harus di buang adalah 72,81 Ton
Soal 8.
8. Panjang kapal LBP = 191,06 dengan sarat depan F = 9,945 m dan sarat belakang A = 9.749 m LCF (+) 1,22 m (abaft of midship) MTC = 608,7 t-m. Kapal harus bertolak dengan kondidi even keel. Tentukan berapa ton air ballast yang harus di pindahkan dari tk.no. I (c) ke tk. no. IV (c) dengan jarak geser LCG Tk. I s/d Tk. no IV = 101,08 meter dan berapa sarat even keel tersebut.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 191,06 m
FD = 9,945 m
AD = 9.749 m
LCF = 1,60 m (A)
MTC = 180 t-m
TPC 10 t/c
w1 + = 200 tons
d = 28 m (A)
Ditanya: Berapa Ballast yang harus di pindahkan ?
Jawab:
Trim = 9,945 – 9,749 = 0,196 M = 19,6 cm
COT = (w x d) / MTC
19,6 = (w x 101,08) / 608,7
101,08w = 11930,52
W = 118 Ton
Jadi air ballast yang harus di pindahkan adalah 118 Ton
Dan Sarat Even keel nya adalah
COT = (118 x 101,08) / 608
COT = 19,6175 cm atau 0,196
COD F = [96,75 / 191,06] x 0,196
COD F = 0,0998
COD A = 0,196 – 0,0998
COD A = 0,0967
Initial FD = 9,9450 AD = 9,7490
COD F = 0,0998- COD A = 0,0987+
FINAL FD = 9,9845 M AD = 9,846 M
admin
11 May 2023
Rev 05 17.05.20Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balikSoal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro CompassANT – II-K P1 G11 22 BP3IPPERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan )BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan kapal – kapal dilengkapidengan …
admin
11 May 2023
Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan !2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local windb. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah kapal …
admin
11 May 2023
01. Local wind is caused by differences in :a. Temperatureb. Densityc. Pressured. HumidityJawab A. Temperature 02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between :a. and 03.00 Local Time.b. 12.00 and 14.00 Local Timec. 05.00 and 07.00 Local Timed. 17.00 and 19.00 Local TimeJawab B 12.00 and 14.00 Local Time …
admin
10 May 2023
PERHITUNGAN FO C1 P/S Max Vol x Vol %/100 = 3759,01 x 90,5/100 = 3759,02 x 0,905 = 3.401,90 BS MUAT = t/m3 x { BS – ( DC X ( Temp – SG } = 0,8843 X { 1 – ( 0,00075 X ( 23 – 15 } = 0,8843 X { …
admin
10 May 2023
Jawab pertanyaan di bawah berdasarkan Surface Weather Chart Analysis (perhatikan) Soal A Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Soal B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya …
admin
10 May 2023
JAWABAN Soal Meteorologi ch. VII. A. 1. Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Jawab : A. 1. PQ Merupakan Garis – Convergency line. Garis konvergensi yaitu pita awan yang tetap tidak bergerak dan dapat menghasilkan hujan dalam jumlah besar di area yang relatif kecil. Hujan adalah jenis cuaca yang memberi kita hujan, …
11 May 2023 172 views
What is “cargo plan”. When applied to a ships A discussion between the shore and ship to plan the procedure for loading cargo Notices to marine _________ carefully and regularly to avoid grounding Should be studied Wreck sand rock are not easily _________ by the signal Detected To help the preparations to leave the …
10 Jul 2024 112 views
1. What is WMS? Work Management System It is a Safety Tool that the Work is Properly Controlled, Coordinated and Communicated (3C) 2. What are the Modules of WMS? PTW (Permit to Work) JSA (Job Safety Analist) EI (Energy Isolation) TD (Temporary Depeat) SIMOPS (Simultanous Operations) 3. What are the Life Saving Rules (At least …
11 May 2023 112 views
PLAN A VOYAGE AND CONDUCT NAVIGATION Publications containing information on Naval Control of Shipping (NCS) in times of emergency or war are ? 117, Radio Navigational Aids In determining the characteristics of the lamp which is the main light or an offshore buoy when passing at night, what is? Any of the above …
11 May 2023 111 views
COORDINATE SEARCH AND RESCUE OPERATION Rescue boat must be able to be lowered at a speed of ship? Up to 5 kn Mention the causes of oil spill in the sea that can cause marine pollution by oil tanker ship All answer are correct In what format will an On scene Coordinator report such …
01 Apr 2023 109 views
Pilotage A1/4.1 Pilot request See AI/6 – .4.3 “Pilot request” A1/4.2 Embarking / disembarking pilot 1 Stand by pilot ladder. 2 Rig the pilot ladder on port side / starboard side/leeside … metres above water. 3 The pilot ladder is rigged on port side / starboard side. 4 You must rig another pilot ladder 5 The pilot ladder is …
Comments are not available at the moment.