Intact Stability Trim dan Stabilitas essay pertemuan 13
1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Intact stability Code.!.
Instact stability code
- Stabilitas Utuh (Intact Stability) adalah stabilitas Kapal pada kondisi utuh.
- Stabilitas utuh adalah perhitungan stabilitas kapal utuh (tidak bocor) yang dihitung pada beberapa kondisi tangki untuk tiap-tiap derajat kemiringan kapal.
- Perhitungan intact stability dilakukan untuk mengetahui kemampuan kapal kembali pada posisi kesetimbangannya setelah mengalami kemiringan
- Kode ini mengatur kriteria intact stabilitas umum untuk berbagai jenis kapal dan kriteria khusus untuk jenis kapal tertentu (kapal penumpang, kapal tanker minyak 5000tdw dan di atas, kapal kargo yang membawa kargo geladak kayu, kapal kargo yang membawa biji-bijian dalam jumlah besar dan Kapal Kecepatan Tinggi).
- Kode ini juga menjelaskan kriteria desain yang direkomendasikan untuk jenis kapal tertentu (kapal penangkap ikan, ponton, kapal kontainer lebih besar dari 100m, kapal supply lepas pantai, kapal dengan tujuan khusus dan unit pengeboran lepas pantai bergerak)
2. Tuliskan Intact stability Criteria bagi kapal penumpang dan Barang (Criteria are recommended for passenger and cargo ships)
Dalam Intact Stability Criteria untuk kapal penumpang dan Barang
- luasan dibawah kurva lengan penegak (GZ) dari sudut kemiringan 0° (nol derajat) sampai sudut kemiringan tidak kurang dari
- 0,55 meter-radian hingga sudut 30°
- 0,90 meter-raduan sampai dengan sudut 40 derajat atau sudut di mana tepi bawah dari setiap bukaan di lambung, Bangunan Atas atau Rumah Dek menjadi bukaan yang tidak dapat ditutup rapat-rapat, dibenamkan jika sudut itu kurang
- 0,30 meter-radian antara sudut tumit 30 derajat dan2)d 40 derajat atau sudut yang lebih kecil sebagaimana dimaksud pada ayat (2)
- lengan penegak harus tidak kurang dari 0.2 m (nol koma dua meter) pada sudut kemiringan sarna dengan atau lebih besar dari 30°
- sudut kemiringan untuk lengan penegak maksimum (GZ max) tidak kurang dari 30°
- tinggi metasentrik awal (GM) tidak kurang dari 0.15 m
3. Tuliskan Intact stability Criteria bagi Kapal Kontainer yang panjangnya 100 meter atau lebih (Container ship greater than 100 meter)
Intact stability criteria untuk kapal kontainer yang panjangnya 100 meter atau lebih adalah
- Area di bawah kurva Lengan Penegakt (kurva GZ) tidak boleh kurang dari 0,009/C meter-radian hingga = 30° sudut tumit, dan tidak kurang dari 0,016/C meter-radian hingga = 40° atau sudut banjir f (sebagaimana didefinisikan dalam 3.1.2) jika sudut ini kurang dari 40°.
- Selain itu, area di bawah kurva Lengan Penegak (kurva GZ) antara sudut tumit 30° dan 40° atau antara 30° dan f, jika sudut ini kurang dari 40°, tidak boleh kurang dari 0,006/ C meter-radian.
- Lengan Penegak GZ harus setidaknya 0,033/C m pada sudut tumit sama atau lebih besar dari 30°.
- Lengan Penegak maksimum GZ harus setidaknya 0,042/C m.
- Luas total area di bawah kurva Lengan Penegak (kurva GZ) sampai dengan sudut banjir f tidak boleh kurang dari 0,029/C meter-radian.
4. Tuliskan Intact stability Criteria bagi Kapal Curah (Cargo ship carrying grain in bulk).
Intact Stability untuk kapal kargo
- Area di bawah kurva tuas pengangkat (kurva GZ) tidak boleh kurang dari 0,055 meter-radian hingga sudut tumit 30°.
- Area di bawah kurva tuas pemanjang (kurva GZ) tidak boleh kurang dari radius 0,09 meter hingga sudut kemiringan 40° atau sudut kemiringan bawah jika kurang dari 40°.
- Suatu daerah di bawah kurva tegak lurus antara sudut tumit 30° dan 40° atau antara 30° dan sudut banjir turun jika sudut ini kurang dari 40°, tidak boleh kurang dari 0,03 meter-radian.
- Tuas pengatur GZ harus setidaknya 0,20 m pada sudut tumit sama dengan atau lebih besar dari 30°.
- Lengan pengangkat maksimum harus terjadi pada sudut tumit lebih disukai melebihi 30° tetapi tidak kurang dari 25°.
- Tinggi metasentrik awal GM tidak boleh kurang dari 0,15 m.
- Kriteria angin kencang dan gelindingan (kriteria cuaca) Selain kriteria yang dijelaskan di atas, kapal yang tercakup dalam IS Code 2008 harus memenuhi kriteria cuaca yang mempertimbangkan pengaruh angin kencang dan gelombang yang diterapkan saat kapal dalam kondisi kapal mati
5. Tuliskan Intact stability Criteria bagi Semua Kapal supply (All offshore supply vessel).
Intact Stability untuk kapal supply adalah
- Area di bawah kurva Lengan Penegak (kurva GZ) tidak boleh kurang dari 0,070 meter-radian hingga sudut 15° ketika Lengan Penegak maksimum (GZ) terjadi pada 15° dan 0,055 meter-radian hingga sudut 30° ketika Lengan Penegak maksimum (GZ) terjadi pada 30° atau lebih. Jika Lengan Penegak maksimum (GZ) terjadi pada sudut antara 15° dan 30°, luas yang sesuai di bawah kurva Lengan Penegak harus:
- 0,055 + 0,001 (30 ° – maks) meter-radian
- Area di bawah kurva Lengan Penegak (kurva GZ) antara sudut Kemiringan 30° dan 40°, atau antara 30° dan Of jika sudut ini kurang dari 40°, tidak boleh kurang dari 0,03 meter-radian.
- Lengan Penegak (GZ) harus setidaknya 0,20 m pada sudut Kemiringan sama dengan atau lebih besar dari 30°.
- Maksimum Lengan Penegak (GZ) harus terjadi pada sudut Kemiringan tidak kurang dari 15°.
admin
11 May 2023
Rev 05 17.05.20Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balikSoal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro CompassANT – II-K P1 G11 22 BP3IPPERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan )BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan kapal – kapal dilengkapidengan …
admin
11 May 2023
Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan !2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local windb. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah kapal …
admin
11 May 2023
01. Local wind is caused by differences in :a. Temperatureb. Densityc. Pressured. HumidityJawab A. Temperature 02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between :a. and 03.00 Local Time.b. 12.00 and 14.00 Local Timec. 05.00 and 07.00 Local Timed. 17.00 and 19.00 Local TimeJawab B 12.00 and 14.00 Local Time …
admin
10 May 2023
PERHITUNGAN FO C1 P/S Max Vol x Vol %/100 = 3759,01 x 90,5/100 = 3759,02 x 0,905 = 3.401,90 BS MUAT = t/m3 x { BS – ( DC X ( Temp – SG } = 0,8843 X { 1 – ( 0,00075 X ( 23 – 15 } = 0,8843 X { …
admin
10 May 2023
Jawab pertanyaan di bawah berdasarkan Surface Weather Chart Analysis (perhatikan) Soal A Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Soal B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya …
admin
10 May 2023
JAWABAN Soal Meteorologi ch. VII. A. 1. Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Jawab : A. 1. PQ Merupakan Garis – Convergency line. Garis konvergensi yaitu pita awan yang tetap tidak bergerak dan dapat menghasilkan hujan dalam jumlah besar di area yang relatif kecil. Hujan adalah jenis cuaca yang memberi kita hujan, …
11 May 2023 139 views
What is “cargo plan”. When applied to a ships A discussion between the shore and ship to plan the procedure for loading cargo Notices to marine _________ carefully and regularly to avoid grounding Should be studied Wreck sand rock are not easily _________ by the signal Detected To help the preparations to leave the …
01 Apr 2023 102 views
Pilotage A1/4.1 Pilot request See AI/6 – .4.3 “Pilot request” A1/4.2 Embarking / disembarking pilot 1 Stand by pilot ladder. 2 Rig the pilot ladder on port side / starboard side/leeside … metres above water. 3 The pilot ladder is rigged on port side / starboard side. 4 You must rig another pilot ladder 5 The pilot ladder is …
10 Jul 2024 93 views
1. What is WMS? Work Management System It is a Safety Tool that the Work is Properly Controlled, Coordinated and Communicated (3C) 2. What are the Modules of WMS? PTW (Permit to Work) JSA (Job Safety Analist) EI (Energy Isolation) TD (Temporary Depeat) SIMOPS (Simultanous Operations) 3. What are the Life Saving Rules (At least …
11 May 2023 89 views
PLAN A VOYAGE AND CONDUCT NAVIGATION Publications containing information on Naval Control of Shipping (NCS) in times of emergency or war are ? 117, Radio Navigational Aids In determining the characteristics of the lamp which is the main light or an offshore buoy when passing at night, what is? Any of the above …
10 May 2023 83 views
Navigation Introduction By navigation is understood any act or procedure that will ensure the sapety of passangers and crew, vessel and cargo during a voyage from a point of departure to a destination. This safety is greatly determind by good seamanship. And since good seamanship refer to The Human Factor (HF). It is obvious that …
Comments are not available at the moment.