Home » LATIHAN SOAL » Intact Stability Trim dan Stabilitas essay pertemuan 13

Intact Stability Trim dan Stabilitas essay pertemuan 13

admin 13 Apr 2023 27

Soal 1

1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Intact stability Code.!.

Jawab 1.

Instact stability code

  • Stabilitas Utuh (Intact Stability) adalah stabilitas Kapal pada kondisi utuh.
  • Stabilitas utuh adalah perhitungan stabilitas kapal utuh (tidak bocor) yang dihitung pada beberapa kondisi tangki untuk tiap-tiap derajat kemiringan kapal.
  • Perhitungan intact stability dilakukan untuk mengetahui kemampuan kapal kembali pada posisi kesetimbangannya setelah mengalami kemiringan
  • Kode ini mengatur kriteria intact stabilitas umum untuk berbagai jenis kapal dan kriteria khusus untuk jenis kapal tertentu (kapal penumpang, kapal tanker minyak 5000tdw dan di atas, kapal kargo yang membawa kargo geladak kayu, kapal kargo yang membawa biji-bijian dalam jumlah besar dan Kapal Kecepatan Tinggi).
  • Kode ini juga menjelaskan kriteria desain yang direkomendasikan untuk jenis kapal tertentu (kapal penangkap ikan, ponton, kapal kontainer lebih besar dari 100m, kapal supply lepas pantai, kapal dengan tujuan khusus dan unit pengeboran lepas pantai bergerak)
Soal 2.

2. Tuliskan Intact stability Criteria bagi kapal penumpang dan Barang (Criteria are recommended for passenger and cargo ships)

Jawab 2.

Dalam Intact Stability Criteria untuk kapal penumpang dan Barang

  • luasan dibawah kurva lengan penegak (GZ) dari sudut kemiringan 0° (nol derajat) sampai sudut kemiringan tidak kurang dari
    1. 0,55 meter-radian hingga sudut 30°
    2. 0,90 meter-raduan sampai dengan sudut 40 derajat atau sudut di mana tepi bawah dari setiap bukaan di lambung, Bangunan Atas atau Rumah Dek menjadi bukaan yang tidak dapat ditutup rapat-rapat, dibenamkan jika sudut itu kurang
    3. 0,30 meter-radian antara sudut tumit 30 derajat dan2)d 40 derajat atau sudut yang lebih kecil sebagaimana dimaksud pada ayat (2)
  • lengan penegak harus tidak kurang dari 0.2 m (nol koma dua meter) pada sudut kemiringan sarna dengan atau lebih besar dari 30°
  • sudut kemiringan untuk lengan penegak maksimum (GZ max) tidak kurang dari 30°
  • tinggi metasentrik awal (GM) tidak kurang dari 0.15 m

3. Tuliskan Intact stability Criteria bagi Kapal Kontainer yang panjangnya 100 meter atau lebih (Container ship greater than 100 meter)

Jawab 1.

Intact stability criteria untuk kapal kontainer yang panjangnya 100 meter atau lebih adalah

  • Area di bawah kurva Lengan Penegakt (kurva GZ) tidak boleh kurang dari 0,009/C meter-radian hingga = 30° sudut tumit, dan tidak kurang dari 0,016/C meter-radian hingga = 40° atau sudut banjir f (sebagaimana didefinisikan dalam 3.1.2) jika sudut ini kurang dari 40°.
  • Selain itu, area di bawah kurva Lengan Penegak (kurva GZ) antara sudut tumit 30° dan 40° atau antara 30° dan f, jika sudut ini kurang dari 40°, tidak boleh kurang dari 0,006/ C meter-radian.
  • Lengan Penegak GZ harus setidaknya 0,033/C m pada sudut tumit sama atau lebih besar dari 30°.
  • Lengan Penegak maksimum GZ harus setidaknya 0,042/C m.
  • Luas total area di bawah kurva Lengan Penegak (kurva GZ) sampai dengan sudut banjir f tidak boleh kurang dari 0,029/C meter-radian.
Soal 4.

4. Tuliskan Intact stability Criteria bagi Kapal Curah (Cargo ship carrying grain in bulk).

Jawab 4.

Intact Stability untuk kapal kargo

Kriteria berikut ini wajib untuk kapal penumpang dan kargo yang dibangun pada atau setelah 1 Januari 2010:
  • Area di bawah kurva tuas pengangkat (kurva GZ) tidak boleh kurang dari 0,055 meter-radian hingga sudut tumit 30°.
  • Area di bawah kurva tuas pemanjang (kurva GZ) tidak boleh kurang dari radius 0,09 meter hingga sudut kemiringan 40° atau sudut kemiringan bawah jika kurang dari 40°.
  • Suatu daerah di bawah kurva tegak lurus antara sudut tumit 30° dan 40° atau antara 30° dan sudut banjir turun jika sudut ini kurang dari 40°, tidak boleh kurang dari 0,03 meter-radian.
  • Tuas pengatur GZ harus setidaknya 0,20 m pada sudut tumit sama dengan atau lebih besar dari 30°.
  • Lengan pengangkat maksimum harus terjadi pada sudut tumit lebih disukai melebihi 30° tetapi tidak kurang dari 25°.
  • Tinggi metasentrik awal GM tidak boleh kurang dari 0,15 m.
  • Kriteria angin kencang dan gelindingan (kriteria cuaca) Selain kriteria yang dijelaskan di atas, kapal yang tercakup dalam IS Code 2008 harus memenuhi kriteria cuaca yang mempertimbangkan pengaruh angin kencang dan gelombang yang diterapkan saat kapal dalam kondisi kapal mati

5. Tuliskan Intact stability Criteria bagi Semua Kapal supply (All offshore supply vessel).

Jawab 5.

Intact Stability untuk kapal supply adalah

  • Area di bawah kurva Lengan Penegak (kurva GZ) tidak boleh kurang dari 0,070 meter-radian hingga sudut 15° ketika Lengan Penegak maksimum (GZ) terjadi pada 15° dan 0,055 meter-radian hingga sudut 30° ketika Lengan Penegak maksimum (GZ) terjadi pada 30° atau lebih. Jika Lengan Penegak maksimum (GZ) terjadi pada sudut antara 15° dan 30°, luas yang sesuai di bawah kurva Lengan Penegak harus:
  • 0,055 + 0,001 (30 ° – maks) meter-radian
  • Area di bawah kurva Lengan Penegak (kurva GZ) antara sudut Kemiringan 30° dan 40°, atau antara 30° dan Of jika sudut ini kurang dari 40°, tidak boleh kurang dari 0,03 meter-radian.
  • Lengan Penegak (GZ) harus setidaknya 0,20 m pada sudut Kemiringan sama dengan atau lebih besar dari 30°.
  • Maksimum Lengan Penegak (GZ) harus terjadi pada sudut Kemiringan tidak kurang dari 15°.

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Related post
Soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro Compass

admin

11 May 2023

  Rev 05 17.05.20Latihan-Tugas Rangkuman, Test formatif, Umpan – balikSoal soal latihan Menimbal Kompas Magnit dan Gyro CompassANT – II-K P1 G11 22 BP3IPPERTEMUAN KE – 1 : (10 Pertanyaan )BAB – I Dasar Hukum Penggunaan Pedoman Magnit Di Atas Kapal : 01. AGUS AJI PAMBUDI 1. Ketentuan yang mengatur keharusan kapal – kapal dilengkapidengan …

Tugas Harian METEOROLOGI-SMT.8-ANT.2 EDISI-3 (Ch-5)

admin

11 May 2023

  Soal : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi katabatic wind semakin kencang. Jelaskan !2) Pada tgl 10 Agustus jam 14.00 WIB, sebuah kapal akan bersandar di pelabuhan Makasar. a. Tentukan arah dan kecepatan dari local windb. Tentukan arah dan tinggi sea wave yang dialami. 3) Pada tgl 10 Januari jam 14.00 WIB, sebuah kapal …

TUGAS HARIAN METEOROLOGI SMT.8-ANT.2.EDISI-3 (CH-4)

admin

11 May 2023

  01. Local wind is caused by differences in :a. Temperatureb. Densityc. Pressured. HumidityJawab A. Temperature 02. The maximum sea breeze is most likely to occur in Indonesia between :a. and 03.00 Local Time.b. 12.00 and 14.00 Local Timec. 05.00 and 07.00 Local Timed. 17.00 and 19.00 Local TimeJawab B 12.00 and 14.00 Local Time …

LATIHAN SOAL MEMUAT DKKP

admin

10 May 2023

  PERHITUNGAN   FO C1 P/S Max Vol x Vol %/100 = 3759,01 x 90,5/100 = 3759,02 x 0,905 = 3.401,90 BS MUAT = t/m3 x { BS – ( DC X ( Temp – SG } = 0,8843 X { 1 – ( 0,00075 X ( 23 – 15 } = 0,8843 X { …

Surface weather chart analysis Tugas Meteorology

admin

10 May 2023

  Jawab pertanyaan di bawah berdasarkan Surface Weather Chart Analysis (perhatikan) Soal A Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis RS merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Garis TV merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Soal B. Tentukan : a. Stabilitas udaranya; b. Jenis awan yang terjadi; c. Cuaca yang terjadi dan pengaruhnya …

Jawaban Tugas Meteorologi Chapter 7 Surface weather chart analysis

admin

10 May 2023

  JAWABAN Soal Meteorologi ch. VII. A. 1. Garis PQ merupakan garis apa dan bagaimana cuacanya Jawab : A. 1. PQ Merupakan Garis – Convergency line. Garis konvergensi yaitu pita awan yang tetap tidak bergerak dan dapat menghasilkan hujan dalam jumlah besar di area yang relatif kecil. Hujan adalah jenis cuaca yang memberi kita hujan, …